You are currently viewing UMS Rintis Sekolah Muhammadiyah di Yordania

UMS Rintis Sekolah Muhammadiyah di Yordania

  • Post author:
  • Post category:TVMU
UMS melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemitraan Internasional (PkM KI) dengan merintis sekolah Muhammadiyah di Yordania. Foto: UMS.

TVMU.TV – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemitraan Internasional (PkM KI) dengan merintis sekolah Muhammadiyah di Yordania.

Program yang mengusung tema ‘Perintisan sekolah Komunitas Muhammadiyah untuk PMI (Pekerja Migran Indonesia) di balad Amman Yordania’ itu dilaksanakan pada 3-31 Maret 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi peningkatan pendidikan serta menguatkan ikatan sosial antar sesama PMI di Yordania.

Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Yordania, Gridzanda Magna Yanudza menyebutkan PMI yang berada di Yordania ini memiliki berbagai macam tingkatan pendidikan dan juga memiliki berbagai macam karakteristik.

Dia menambahkan, sebagian besar PMI di Yordania hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) dan juga banyak dari PMI yang terjerat oleh hukum.

“Mereka cenderung untuk membentuk genk-genk, yang akhirnya membuat mereka mengalami banyak masalah. Oleh karen itu perlu adanya suatu instansi yang mampu memberikan jawaban atas masalah yang di hadapi oleh PMI,” ungkap Gridzanda seperti dikutip dari laman resmi UMS, Rabu (24/4).

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus dosen UMS, Muh. Nur Rochim Maksum kegiatan ini adalah sebuah bentuk jawaban bagi permasalahan yang dihadapi oleh tenaga kerja Indonesia.

”Sekolah komunitas merupakan sekolah yang berangkat dari kebutuhan komunitas. Konsep ini menekankan keterlibatan komunitas dalam proses pembelajaran. Sebagai contoh, pendidikan di Yordania tidak hanya dapat difokuskan pada lingkungan formal, tetapi juga secara langsung melibatkan komunitas,” jelasnya.

Sumber: https://tvmu.tv/ums-rintis-sekolah-muhammadiyah-di-yordania