You are currently viewing Pelantikan Wakil Rektor UMS Periode 2017/2021

Pelantikan Wakil Rektor UMS Periode 2017/2021

  • Post author:
  • Post category:Berita

Universitas Muhammadiyah Surakarta menggelar upacara pelantikan wakil rektor periode 2017-2021. Acara yang berlangsung di Lt.7 Gedung Induk Siti Walidah tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh penting diantaranya, Ketua PP Muhammadiyah Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si., Ketua Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D., Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta Dr. Sofyan Anif, M.Si, serta beberapa tokoh Muhammadiyah lainnya.

Pelantikan wakil rektor kali ini berbeda dari pelantikan-pelantikan sebelumya, dimana pada periode ini jumlah wakil rektor bertambah menjadi lima bidang. Nama-nama yang resmi menjabat sebagai wakil rektor diantaranya, Dr. Muhammad Da’i, M.Si, Apt sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik, Ir. Sarjito, M.T, Ph.D sebagai Wakil Rektor bidang Keuangan dan Sistem Informasi, Taufik, M.Si, Ph.D sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengkaderan, Dr. Fattah Santosa, M.Ag sebagai Wakil Rektor Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan Kerjasama, Drs. Muhammad Musiyam, MTP sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset. Pelantikan dipimpin secara langsung oleh Rektor UMS Dr. Sofyan Anif, M.Si. dan disaksikan oleh Ketua Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D.

Dalam sambutanya, Dr. Sofyan Anif, M.Si menyampaikan kiat-kiat kinerja rektor dan wakil rektor untuk mencapai World Class Research University. Sesuai dengan visi dan misi UMS untuk menciptakan universitas berskala internasional, maka perlu adanya peningkatan kerjasama, manajemen dan optimalisasi kinerja di UMS, sehingga diharapkan dengan peningkatan kualitas SDM mampu memacu output yang berkualitas. Selain itu, sistem informasi berbasis IT di lingkungan UMS akan diintegrasikan secara tersentral, untuk meningkatkan layanan publik.

Senada dengan Rektor UMS, Ketua Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D. sangat mengapresiasi tujuan UMS untuk mencapai World Class Research University sehingga perlu SDM yang dipersiapan secara matang. Selain itu disampaikan pula bahwa PTM harus memenuhi tiga karakter Unggul, Berdaya saing dan Berkemajuan.

Sebagai penutup Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si. memberikan wejangan bahwa kepemimpinan haruslah seorang yang mampu menerjemahkan visi dan misi untuk direalisasikan. Selanjutnya kerjasama rektor, wakil rektor beserta jajaran dibawahnya harus memiliki satu mimpi. Memberdayakan SDM dan memperluas jangkauannya. Sekaligus menghimpun aspirasi seluruh warga UMS dan menjadikanya sebagai langkah kedepannya. Terakhir, UMS adalah media dakwah maka jadikanlah keunggulan dalam akhlak dan penelitian yang mampu menjadi kemaslahatan bagi umat dan persyarikatan. (Ahmad)