You are currently viewing 31 Program Studi Unissula Terakreditasi Unggul, Baik Sekali, dan A, Ini Harapan Rektor

31 Program Studi Unissula Terakreditasi Unggul, Baik Sekali, dan A, Ini Harapan Rektor

Prof. Dr. Gunarto, S.H., M.H., saat menggelar Konferensi Pers ‘Unissula Semarang Pertahankan Akreditasi Unggul’ di Gedung Biro Rektor pada Jumat (5/5/2023).

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) berhasil mempertahankan akreditasi unggulnya hingga 2029 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Unissula, Prof. Dr. Gunarto, S.H., M.H., saat menggelar Konferensi Pers ‘Unissula Semarang Pertahankan Akreditasi Unggul’ di Gedung Biro Rektor pada Jumat (5/5/2023).

Ia memaparkan bahwa Unissula merupakan satu dari 8 perguruan tinggi di Jawa Tengah yang mendapatkan akreditasi unggul.

“Capaian akreditasi unggul tersebut dapat menambah daya saing universitas, baik di level nasional maupun internasional.” ujarnya.

Unissula bersanding dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata atau Soegijapranata Catholic University (SCU) Semarang, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga di jajaran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Jawa Tengah.

Sementara di jajaran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Jawa Tengah yang menyandang Akreditasi Unggul yakni Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Prof. Gunarto menyatakan akreditasi unggul ini menjadi hal krusial bagi Unissula sebagai bukti bahwa penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan telah memenuhi kualifikasi standar terbaik.

“Hal ini sejalan dengan harapan Unissula untuk senantiasa dapat memberikan pelayanan pendidikan tinggi terbaik pada masyarakat, khususnya mahasiswa,” tambahnya.

Ia merinci, perolehan akreditasi unggul Unissula pada tiap prodi ialah 17 untuk Program Studi (Prodi) yang memperoleh Akreditasi Unggul, antara lain Prodi Kedokteran Umum, Prodi Profesi Dokter, Prodi Kebidanan, Prodi Profesi Bidan, Prodi Magister Biomedik, Prodi Ilmu Hukum, Prodi Magister Ilmu Hukum, Prodi Magister Kenotariatan, Prodi Manajemen, Prodi Akuntansi Jenjang S1, Prodi Akuntansi D3, Prodi Keperawatan S1, Prodi Profesi Ners, Prodi Keperawatan D3, Prodi Kedokteran Gigi, Profesi Dokter Gigi, dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Adapun 7 prodi yang mendapatkan Akreditasi Baik Sekali yakni Prodi Farmasi, Prodi Apoteker, Prodi Doktor Teknik Sipil, Prodi Magister Manajemen, Prodi Magister Teknik Elektro, Prodi Doktor Manajemen, dan Prodi Pendidikan Matematika.

Sementara 7 prodi yang mendapatkan Akreditasi A yakni Prodi Teknik Sipil, Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Prodi Magister Teknik Sipil, Prodi Doktor Ilmu Hukum, Prodi Tarbiyah, Prodi Syari’ah, dan Prodi Sastra Inggris.

Sedangkan Prodi lainnya yang telah mendapatkan akreditasi B ialah Prodi Sejarah Peradaban Islam, Prod Magister Pendidikan Agama Islam, Prodi Teknik Elektro, Prodi Teknik Industri, Prodi Teknik Informatika, Prodi Psikologi, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Ilmu Komunikasi, dan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Prof. Gunarto menyatakan, dampak dari akreditasi unggul Unissula akan berimbas pada kemudahan alumni memperoleh pekerjaan.

Waktu tunggu alumni Unissula untuk memperoleh pekerjaan pasca wisuda kurang dari 3 bulan.

“Di sisi lain, kesuksesan mempertahankan akreditasi unggul juga akan semakin menyemangati civitas akademika Unissula dalam berkhidmad di bidang pendidikan serta meningkatkan rasa syukur dan ketaqwaan pada Allah swt,” pungkasnya.

Sementara itu, Meilan Arsanti, M.Pd., Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyatakan perolehan Unissula sebagai PTS yang terakreditasi Unggul semakin memantapkannya untuk berkarier dan menjadi guru besar di Unissula.

Tak hanya itu, Unissula menjadi PTS terbaik di Jawa Tengah versi EduRank yang semakin meningkatkan kepercayaan dirinya mengajar dan mengabdi di Unissula serta menjadi keluarga besar Yayasan Badan Waqaf Sultan Agung (YBWSA).

“Budaya akademik islami yang kental dan branding ‘Membangun Generasi Khaira Ummah’ menambah suasana akademik yang religius baik dalam proses pembelajaran maupun kegiatan akademik lainnya,” terangnya saat dihubungi Tribun Jateng pada Sabtu (6/5/2023).

Meilan, M.Pd., menambahkan, dengan statusnya sebagai pengajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang menjadikan saya semakin bangga dapat mengajar dan mengantarkan mahasiswa calon guru yang profesional dan Khaira Ummah.

Ia berharap semoga kelak dari ilmu-ilmu yang saya ajarkan kepada mahasiswa dapat mengantarkan saya ke surga-Nya.

(arh)

Sumber : https://jateng.tribunnews.com/2023/05/06/31-program-studi-unissula-terakreditasi-unggul-baik-sekali-dan-a-ini-harapan-rektor?page=all