You are currently viewing Lolos Running Test, Tim Robot UMS Siap Maju ke Seleksi Tingkat Wilayah KRI 2024

Lolos Running Test, Tim Robot UMS Siap Maju ke Seleksi Tingkat Wilayah KRI 2024

PABELAN, MUHAMMADIYAHSOLO.COM-Bertempat di GOR kampus 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) dari UMS yang bernama Robot Research (RR) Abuhero berhasil melakukan visitas uji coba pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 melalui platform Zoom Meeting, Selasa (30/4/2024).

Ketua Tim RR Abuhero yang juga merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) UMS angkatan 2021, Muhammad Rasyid Annafi, menyatakan beberapa rangkaian persiapan dan hasil tes. Menurut Rasyid, hari itu visitasi untuk cek kesiapan robot dan cek kesiapan lapangan untuk wilayah dan hasil pengecekannya lolos untuk seleksi wilayahnya.

“Jadi untuk besok seleksi di tingkat wilayah kita berhasil maju dan berhasil lolos,” paparnya saat ditemui kontributor muhammadiyahsolo.com, setelah visitasi. Dia juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya terhadap dukungan dari UMS sehingga Tim RR Abuhero bisa lolos ketahap Selanjutnya.

“Alhamdulillah UMS sangat mendukung penuh untuk kontes robot ini. Mulai dari kebutuhan logistik maupun pendanaan lancar semuanya,” ungkapnya. Rasyid berharap untuk seleksi tingkat wilayah dapat terlaksana dengan lancar semua dan untuk semua divisi dari tim UMS dapat lolos ke tahap nasional dan mendapatkan juara.

Pada waktu yang sama, Tim Adisha UMS yang akan berlaga di divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) juga telah selesai menjalani running test yang bertempat di Ruang Seminar Lt.2 Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMS, melalui platform Zoom Meeting.

Sudah Sesuai

Ketua Tim Adisha UMS, Chattur Putra Pilihanto, yang merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro FT UMS angkatan 2021 memaparkan hasil dari running test yang dilaksanakan oleh timnya. “Hari ini pengecekan bagaimana robot bisa bergerak atau belum, kemudian juga dilakukan pengecekan kesesuaian lapangan lapangan apakah sudah sesuai dengan standar yang dilombakan. Alhamdulillah semuanya sudah sesuai dan siap untuk seleksi di tahap selanjutnya,” papar Chattur.

Pada tahun ini, lanjut dia, tema yang diangkat pada divisi KRSTI di KRI 2024 adalah “Tari Oleg Tamuliliang” dari daerah Bali. Dari busana itu, di divisi ini juga terdapat penilaian tersendiri. “Selain kemenangan atas poin, kami juga ada desain terbaik untuk di custom bajunya,” lanjutnya.

Sama seperti Tim RR Abuhero, Tim Adisha UMS juga optimistis untuk lolos ke tahap nasional karena UMS telah mendukung penuh dari pendanaan sampai dengan persiapan peralatan, akomodasi, dan lainnya. “Untuk seleksi yang akan datang kami berharap bisa tampil semaksimal mungkin dan tanpa beban untuk bisa masuk ke tingkat nasional,” pungkasnya.

Sumber: https://muhammadiyahsolo.com/20240430/lolos-running-test-tim-robot-ums-siap-maju-ke-seleksi-tingkat-wilayah-kri-2024-5684