Sebagai Tuan Rumah KRI 2024, Wakil Ketua Panitia Berharap Tim Robot UMS Pertahankan Podium Seperti Tahun – Tahun Sebelumnya

  • Post category:Berita
  • Reading time:2 mins read
You are currently viewing Sebagai Tuan Rumah KRI 2024, Wakil Ketua Panitia Berharap Tim Robot UMS Pertahankan Podium Seperti Tahun – Tahun Sebelumnya

ums.ac.id, SOLO – Hari pertama Seleksi Wilayah I dan II Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 telah dimulai. Seleksi Wilayah I dilakasanakan pada hari Selasa-Rabu, 28-29 Mei 2024, sedangkan untuk Seleksi Wilayah 2 dilaksanakan pada hari Kamis-Sabtu, 30 Mei – 1 Juni 2024, secara daring dengan Dewan Juri berkumpul di Gedung Edutorium K.H. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Wakil Ketua Panitia KRI 2024, Muhammad Al Fatih Hendrawan, S.T., M.T., UMS, sebelumnya tim UMS berada di wilayah I, namun dalam tiga tahun terakhir ini UMS berada di wilayah II dan wilayah Jawa Tengah menjadi penyeimbangnya.

“Hari ini masih lancar-lancar saja ya paling kendala sinyal dari tim peserta dan persiapan kameranya,” tutur Fatih Hendrawan, Selasa, (28/5).

Fatih Hendrawan merasa acara KRI tahun ini lebih meriah di UMS dibandingkan tahun lalu karena merupakah hasil dari evaluasi pada tahun-tahun sebelumnya dan diterapkan pada tahun ini.

“Yang membedakan KRI tahun ini dengan tahun kemarin adalah tema kontesnya, seperti pada Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI),” tambah Wakil Ketua Panitia.

Pada tahun ini, KRAI bertema Harvest Day sesuai dengan tema kontes robot ABU internasional yang akan diselenggarakan di Vietnam mendatang.

Fatih memaparkan perubahan yang paling menonjol adalah Divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), tahun lalu tema pada divisi tersebut memainkan permainan Dam melalui media maya yang melibatkan robot untuk memajukan buahnya secara diagonal dan memakan buah lawan dengan melompatinya.

“Sedangkan pada tahun ini yaitu memilah 10 kategori sampah ke tempat sampah yang berbeda,” pungkasnya.

Wakil Ketua Panitia KRI 2024 berharap UMS sebagai tuan rumah, Tim Robot UMS dapat mempertahankan podium seperti tahun – tahun sebelumnya.

Pada KRI 2023, Robot SAR UMS berhasil meraih Juara 2, sedangkan pada KRI 2022 robot UMS juga berhasil meraih Juara 2 pada divisi KRTMI. (Fina&Ayyes/Humas)