You are currently viewing 160 Siswa MIM Gedongan Belajar Literasi di Perpustakaan UMS

160 Siswa MIM Gedongan Belajar Literasi di Perpustakaan UMS

ums.ac.id, SURAKARTA – Keseruan jeda semester setelah mengikuti ujian akhir tahun, para siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Gedongan Colomadu saat mengunjungi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu (14/6).

Kegiatan kunjungan tersebut disambut oleh pustakawan UMS dengan mengenalkan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan UMS yang telah terakreditasi A.

“Kita juga ajak ke lantai 3, di sana ada koleksi referensi, ada periodikal, kita juga mengenalkan ada mainan edukasi. Jadi kita memberikan wawasan kepada mereka bahwa perpustakaan itu tidak hanya buku semuanya, tetapi kita juga bisa menggunakan internet, kita bisa menggunakan komputer sesuai apa yang kita mau, bahkan kita juga bisa bermain,” Ana Wahyuni, S.Sos, Pustakawan sekaligus Kepala Urusan Tata Usaha Perpustakaan UMS.

Selain itu, para siswa MIM Gedongan yang berjumlah 160 siswa itu juga dikenalkan dengan keunggulan internet, cara memanfaatkan internet, tugas akhir para mahasiswa, serta dikenalkan fasilitas-fasilitas seperti Online Publish Access Catalogue (OPAC) , Scopus Corner, Mendeley Corner, Internet Corner, dan fasilitas lainnya.

Menurut Ana, antusiasme para siswa cukup tinggi. Kebanyakan para siswa menyukai internet corner dan ruang referensi beserta permainan edukasinya.

Rahmad Arif Wibowo, S.Pd, guru Kesiswaan dari MIM Gedongan, menjelaskan agenda outing class ini ditujukan untuk mengenalkan literasi juga untuk memberikan motivasi kepada para siswa.

“Tujuannya adalah untuk mengenalkan literasi dan perpustakaan kepada anak-anak,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan berkunjung ke Perpustakaan UMS, Arif berharap para siswa akan semakin mencintai dunia literasi serta menumbuhkan minat membaca.

“Harapannya ke depan semoga anak-anak semakin mencintai dunia literasi baik itu menulis dan yang lainnya, gemar membaca, dan selalu mengisi kegiatan dengan hal-hal positif,” harap Arif.

Salah seorang siswa, Badranaya Nalendra C.W atau yang akrab dipanggil Nendra juga mengungkapkan rasa senangnya berkunjung ke Perpustakaan UMS. Dia bercerita, ketika berkunjung mereka diajari berbagai hal dan berada di Perpustakaan UMS lebih seru.

“Diajarin cara nyari buku, terus cara cari negara pakai globe,” kata Nendra

“Di sini lebih seru, lebih banyak bukunya,” ungkapnya dengan senang.

Nendra juga merasa senang karena mendapatkan kenang-kenangan dari perpustakaan atas keberhasilannya dalam menjawab kuis yang diberikan oleh pustakwan UMS.

Selain berkunjung ke Perpustakaan UMS, para siswa MIM Gedongan juga diajak berkeliling area Kampus 2 UMS. (Maysali/UMS)