You are currently viewing UMS Terpilih Kembali Jadi Perguruan Tinggi Pelaksana WMK

UMS Terpilih Kembali Jadi Perguruan Tinggi Pelaksana WMK

ums.ac.id, SURAKARTAUniversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) terpilih kembali menjadi perguruan tinggi pelaksana Wirausaha Merdeka Kampus (WMK). Terpilihnya UMS menjadi kampus pelaksana diumumkan pada saat Grand Launching Wirusaha Merdeka 2023, 19 Juni.

Pada WMK 2023 ini, UMS menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Asisyiyah (PTMA) di Jawa yang menjadi perguruan tinggi pelaksanaan WMK 2023. Ketua Pusat Studi Inkubator Wirausaha dan Bisnis UMS sekaligus Ketua Pelaksana WMK UMS 2023 Dr., Ir., Suranto, ST., MM., MSi., mengungkapkan pemilihan perguruan tinggi pelaksana memang merupakan hak prerogratif WMK Pusat, tetapi Suranto yakin bahwa terpilihnya UMS karena perguruan tinggi ini memiliki komitmen di bidang kewirausahaan.

“Sebagai perguruan tinggi yang telah memiliki perencanaan pembelajaran, kemudian metode pembelajaran di bidang kewirausahaan dan juga sangat yakin perguruan-perguruan tinggi yang dipilih memiliki kompetensi di bidang kewirausahaan,” ungkap Suranto, Ketua Pelaksana WMK UMS 2023 itu, Selasa (20/6).

WMK UMS 2023 telah membuka pendaftarannya dan akan ditutup pada 24 Juli 2023. Kegiatan pembelajaran dan mentoring akan dimulai pada awal Agustus. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa yang mengikuti WMK UMS akan didampingi oleh mentor, pemateri, dosen pembimbing lapangan, juga mentor dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Suranto menerangkan bahwa dalam kegiatan WMK, mahasiswa akan mendapatkan ilmu juga sekaligus mempraktikan langsung ilmu yang telah didapatkannya seperti perencanaan dan pengembangan bisnis.

“Pengembangan potensi dari mahasiswa sesuai passion nya. Kemudian juga di sini mereka ada pengembangan prototype, kemudian expo produk, jadi memasarkan produknya,” terangnya.

Bagi mahasiswa yang lulus mengikuti program ini, mahasiswa dapat bertemu dengan mentor-mentor yang ahli, bisa mendukung passionnya, dan bisa konversi sks maksimal 20 sks, dan diharapkan semaksimal mungkin bisa maksimal dan optimal.

“Harapannya mahasiswa yang dikelola WMK UMS 2023 diharapkan mereka semuanya bisa membangun dirinya dalam bidang passion kewirausahaan dan mereka berkarir di bidang kewirausahaan,” pungkas Suranto. (Maysali/Humas)