You are currently viewing Webinar FT-UMS, Kontribusi Arsitektur Islam di Masa Covid-19

Webinar FT-UMS, Kontribusi Arsitektur Islam di Masa Covid-19

  • Post author:
  • Post category:Berita

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan Webinar Arsitektur Islam yang dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) melalui Zoom Meeting dan Live Youtube dengan pembicara Assoc. Prof. Dr Nangkula Utaberta dari Architecture Department Faculty of Civil Engineering & Built Environment (FKAAB) University Tun Hussein Onn Malaysia pada Jumat, 9 Juli 2021.

Webinar dengan tema “Arsitektur Modern: Diskusi Nilai dan Pengajaran bagi Arsitektur Islam”, diselenggarakan tidak hanya untuk mahasiswa UMS saja, melainkan juga untuk khalayak umum.

Rois Fatoni, ST, M.Sc, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan, Islam yang berkemajuan adalah bagaimana manusia bisa menjadikan bumi ini menjadi tempat yang spesial, mengolah sumber daya dengan baik, menjadikan tempat yang nyaman untuk ditinggali oleh anak keturunannya nanti.

“Islam yang bekemajuan adalah Islam yang dapat menjalankan fungsi untuk menjadikan bumi ini menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk anak cucu kita nanti,” kata Rois Fatoni selaku Dekan Fakultas Teknik UMS.

Kepala Program Studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakarta, Dr. Widyastuti Nurjayanti dalam materi pengantarnya menyampaikan bahwa, Arsitektur Islam memiliki kontribusi dalam meminimalkan dampak dari pandemi dengan jalan implementasi filosofi dasar pada bangunan sesuai dengan tuntutan zaman.

Adapun Nangkula Utaberta menyampaikan, dalam arsitektur modern, modern merupakan suatu perubahan pola pikir dari orang-orang sebelum kita.

“Modern bukanlah sebuah konsep, melainkan sebuah pemikiran diluar kebiasaan orang-orang terdahulu,” ujar Nangkula. (Ilyas/Humas)