You are currently viewing Penguatan Implementasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, FKI UMS Gelar Kajian Bersama Dosen, Karyawan dan Mahasiswa

Penguatan Implementasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, FKI UMS Gelar Kajian Bersama Dosen, Karyawan dan Mahasiswa

SURAKARTA – Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKI UMS) mengadakan kegiatan penguatan implementasi visi misi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), Selasa (5/7). Kegiatan dilaksanakan di ruang J Seminar 2 dan diikuti oleh seluruh dosen, karyawan dan mahasiswa di lingkungan FKI UMS.

Penguatan implementasi AIK tersebut dimulai pukul 08.45 hingga 11.00 WIB. Pada kegiatan ini, menghadirkan Guru Besar bidang Ilmu Psikologi Umum, Prof. Taufik, S.Psi., M.Si., Ph.D. Dia juga merupakan Dekan Fakultas Psikologi UMS periode 2021-2025.

Dekan FKI UMS, Nurgiyatna S.T., M.Sc., Ph.D mengatakan kegiatan ini menjadi penambah semangat keluarga besar FKI UMS dalam menguatkan implementasi visi misi FKI. Dia berharap semangat Al-Islam dan Kemuhammadiyahan bisa terus ditingkatkan di FKI UMS.

“Semoga keluarga besar FKI UMS semakin kuat dalam mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dan Kemuhammadiyahan,” ungkap Dekan FKI UMS itu.

Pada bagian lain, Taufik dalam ceramahnya menjelaskan dalam menjalankan nilai Keislaman dan Kemuhammadiyahan harus didasari oleh ilmu. Menurutnya ilmu apapun yang dipelajari oleh setiap orang harus bermuara menuju taqwa kepada Allah SWT.

“Dikuasainya ilmu saat seseorang sudah mengamalkannya. Pertanyaannya sejauh ini IPK kita tinggi, tapi sudah diamalkan atau belum ilmunya?” ujar Taufik.

Guru besar Ilmu Psikologi itu juga mengungkapkan kunci keberkahan menurut Alquran adalah dengan cara bertakwa dan beriman.  Namun ironinya, di dalam Quran surat Al-A’raf ayat 96, manusia banyak mendustakan  ayat-ayat Allah SWT.

“Karena telah mendustakan ayat-Nya, maka Allah menyiksa mereka dengan disebabkan perbuatannya,” ungkap Dekan Fakultas Psikologi UMS itu.

Pimpinan, dosen, karyawan dan pengurusan organisasi di FKI UMS mengikuti kegiatan tersebut dengan khidmat. Kegiatan semacam dilakukan oleh FKI UMS sebagai bentuk pembinaan sivitas akademika FKI UMS.

Diketahui FKI UMS merupakan salah satu dari 12 fakultas yang ada di UMS. Fakultas yang memiliki jargon Islami, Mandiri, Berkontribusi itu memiliki dua program studi. Di antaranya adalah Program studi Informatika dan juga Ilmu Komunikasi. (Riski FKI UMS/ Humas UMS)