You are currently viewing Lakukan Digitalisasi Lembaga Pendidikan, Prodi Informatika UMS Berikan Pelatihan PPDB Online

Lakukan Digitalisasi Lembaga Pendidikan, Prodi Informatika UMS Berikan Pelatihan PPDB Online

ums.ac.id, SURAKARTA – Tim Dosen Program Studi Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhamamdiyah Surakarta (UMS) melakukan pelatihan penggunaan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online, kepada para guru dan karyawan SMA Muhammadiyah Al Kautsar PK Kartasura.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan tim Pengabdian Masyarakat Penerapan Teknologi, Tepat Guna (P2TTG) dari Prodi Informatika UMS, Rabu (31/5).

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Dedi Gunawan, ST., M.Sc., Ph.D., mengatakan PPDB berbasis online saat ini dibutuhkan oleh sekolah untuk membantu proses penerimaan siswa baru agar lebih mudah dan tersistem.

Pada pelatihan tersebut, Dedi dan timnya mendampingi para guru dan staf karyawan SMA Muhammadiyah Ql Kautsar PK Kartasura, peserta pelatihan calon admin Sistem PPDB Online.

“Kita jelaskan bagaimana mengolah data pendaftar. Dalam hal ini para guru kita ajarkan bagaimana posisinya mereka sebagai administrator dari aplikasi PPDB ini,” ungkap Dedi Gunawan yang juga Ketua Prodi Informatika UMS, Kamis (13/7).

Lebih lanjut Dedi Gunawan mengatakan, pada pelatihan tersebut juga dilakukan simulasi bagi administrator untuk mengolah data pendaftar. Para admin mempraktikan mulai dari calon siswa mendaftar, kemudian data diproses hingga pendaftar dinyatakan diterima sekolah di SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura.

“Pelatihan ini dari tim kami tidak hanya menjelaskan sistem PPDB onlinenya saja, tapi para peserta juga kita minta untuk praktik agar lebih paham dalam menjalankan sistem,” jelasnya.

Salah satu peserta pelatihan, Afif Alghifari mengatakan tentang manaaf pelatihan, dan dirinya antusias mengikuti pelatihan penggunaan Sistem PPDB online tersebut.

“Alhamdulillah saya selaku peserta antusias dengan diadakan kegiatan tersebut. Saya juga mengapresiasi karena pihak universitas bisa berkolaborasi dengan lembaga pendidikan tingkat SMA,” ungkap Afif.

Afif menambahkan, penggunaan Sistem PPDB online saat ini sangat relevan digunakan di dunia pendidikan sebagai salah satu terobosan yang efektif.

“PPDB online di era sekarang juga merupakan salah satu terobosan yang baik untuk digitalisasi lembaga pendidikan,” lanjutnya.

Sebagai peserta dirinya juga berharap, kerjasama antara UMS dengan sekolahnya bisa terjalin dengan baik dan terus menerus.

“Harapannya semoga kerjasama antar dua lembaga ini bisa terjalin dengan lebih baik,” pungkas Afif Alghifari. (Fika/Humas)