You are currently viewing Angkat Isu Radikalisme, LPM Pabelan Dapat Penghargaan TNI AD Kategori Media Kampus

Angkat Isu Radikalisme, LPM Pabelan Dapat Penghargaan TNI AD Kategori Media Kampus

ums.ac.id, SOLO – Ajang apresiasi Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Award 2023, media Pabelan-online.com mendapatkan apresiasi dari TNI Angakatan Darat karena telah berpartisipasi dalam merawat kebangsaan dengan memberikan perhatian besar terhadap isu-isu strategis TNI AD.

Dalam gelaran KASAD Award 2023 yang diselenggarakan pada 10 Juli, terdapat 24 media online yang menjadi pemenang yaitu sebanyak 10 media nasional, 10 media daerah, dan 4 media kampus. Pada ajang kali ini, Pabelan-online.com yang merupakan media online pemberitaan dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Pabelan UMS menjadi nomine pada kategori Melawan Radikalisme dan kategori Pengarusutamaan Gender dan menjadi pemenang pada kategori Melawan Radikalisme.

Ketua Dewan Pers sekaligus Ketua Dewan Juri KASAD Award 2023, Dr., Ninik Rahayu, S.H., M.S., menekankan bahwa KASAD Award 2023 bukanlah sebuah perlombaan. Kemenangan yang didapatkan oleh media adalah hasil penilaian yang sangat selektif dari panitia terhadap media yang masuk nominasi. Panitia KASAD Award 2023 berhasil mengumpulkan sebanyak 3 juta artikel dari 221 media yang mengangkat isu-isu strategis dalam pemberitaannya.

Ninik Rahayu dalam pidato gelaran tersebut menyampaikan bahwa pemberian apresiasi ini dapat menjadi pemicu bagi para insan pers untuk tetap profesional dalam menjalankan fungsi pers dan menghasilkan karya jurnalistik yang mencerahkan.

“Dewan pers juga mendorong kepada anak muda yang sangat fasih bermedia sosial, untuk mengaplifikasikan berbagai persoalan dalam isu Humas Security melalui konten-konten yang bisa disebarluaskan, disajikan dengan tetap menggunakan rujukan yang memiliki kredibilitas terhadap isu tersebut,” ujar Ketua Dewan Pers itu.

Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dr., H., Dudung Abdurachman berpendapat para pengurus media kampus adalah kader media di masa mendatang.

“Selain kepada media nasional dan daerah, penghargaan KASAD Award 2023 juga diberikan kepada media mahasiswa, sebagaimana kita ketahui media mahasiswa adalah kader media di masa depan,” harapnya.

Dudung berharap penghargaan ini dapat menjadi pemicu dan penyemangat bagi para jurnalis mahasiswa untuk memberi perhatian lebih terhadap isu-isu strategis Human Security.

Menurut Ketua Umum LPM Pabelan, Muhammad Iqbal, artikel LPM Pabelan berhasil menyisihkan 3 juta artikel yang masuk seleksi panitia. Artikel itu merupakan data berita diambil dalam periode pemberitaan Mei 2022-Mei 2023. Dalam kurun waktu tersebut, LPM Pabelan telah melakukan reorganisasi kepengurusan. Kemenangan LPM Pabelan, pada kategori Melawan Radikalisme adalah hasil pemberitaan dari sentuhan pengurus sebelumnya dan sekarang.

“Pemberitaan kita kemarin memang sempat rame masalah radikalisme kampus. Kalau dilihat periodenya memang periode lalu,” kata Iqbal (12/7).

Dan untuk periode sekarang, lanjutnya, mengangkat isu tema, apakah ada jaringan Hizbut Tahrir di UMS?.

Iqbal berharap organisasinya bisa mendapatkan penghargaan-penghargaan lainnya dan membanggakan UMS.

“Semoga LPM Pabelan lebih kenceng lagi melawan isu-isu nasional dan isu di mahasiswa, juga supaya menjadi media yang benar-benar menjadi kontrol sosial bagi masyarakat,” harapnya. (Maysali/Humas)