You are currently viewing Mencerahkan! Pusat Pengembangan Akuntasi UMS Berikan Pendampingan Pengelolaan Keuangan Bumdesa

Mencerahkan! Pusat Pengembangan Akuntasi UMS Berikan Pendampingan Pengelolaan Keuangan Bumdesa

ums.ac.id, SOLO – Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Bumdesa Amanah, Desa Karanganyar, Kabupaten Sragen.

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam kurun waktu Mei-Juli 2023, dengan melakukan sinkronisasi pengelolaan keuangan yang terdiri dari unit sumur sawah, internet desa dan air minum.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan untuk membantu Bumdesa “Amanah” dalam melakukan sinkronisasi pengelolaan keuangan yang terdiri dari unit sumur sawah, internet desa dan air minum.

Ketua tim pengabdian masyarakat Andy Dwi Bayu Bawono, SE, M.Si, Ph.D menyampaikan bahwa tim telah melakukan pendampingan dalam mengelola keuangan dari Bumdesa.

“Tim kami telah melakukan pendampingan pengelolaan keuangan Bumdesa yang berbasis MYSQL pada Bumdesa Amanah Desa Karanganyar Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen dalam kurun waktu Mei-Juli 2023,” terang Andy Bawono, Minggu (23/7).

MYSQL merupakan sebuah perangkat lunak untuk melakukan manajemen basis data. Andy mengungkapkan untuk sinkronisasi pengelolaan keuangan, tim pengabdian membantu menyusunkan sistem berbasis MYSQL yang disesuaikan dengan kebutuhan Bumdesa terkait.( )

Proses penyusunan tersebut termasuk juga membantu membuatkan kode rekening dan nama rekening yang sesuai dengan SAK terbaru dan memberikan seperangkat computer untuk menunjang pemasangan system keuangan Bumdesa.

“Sebelumnya, tim pengabdian masyarakat beserta pengelola Bumdesa berkolaborasi dalam pembuatan akun-akun rekening yang sesuai dengan SAK sebagai dasar untuk pembuatan data base akuntansi Bumdesa,” jelas Ketua Tim.

Nantinya, pada akhir kegiatan pengabdian masyarakat ini akan ditutup dengan pemberian satu unit computer yang telah dipasang system keuangan bumdesa. (Maysali/Humas)