You are currently viewing Ratusan Mahasiswa Luar Kampus Hadir di UMS, Memeriahkan Pembukaan SILAT APIK PTMA 2024

Ratusan Mahasiswa Luar Kampus Hadir di UMS, Memeriahkan Pembukaan SILAT APIK PTMA 2024

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTAUniversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi tuan rumah perhelatan Silaturahmi Asosiasi Pendidikan Studi Ilmu Komunikasi-Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (SILAT APIK-PTMA) 2024. Acara berlangsung selama dua hari dan dibuka di Auditorium Djazman UMS pada Rabu (28/2).

Acara itu diikuti oleh 170 mahasiswa dan 70 dosen dari 27 PTMA yang akan mengikuti berbagai rangkaian acara SILAT APIK PTMA 2024, antara lain Workshop, Kongres, City Tour, Lomba-lomba, dan Awarding.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi UMS, Sidiq Setyawan, S.I.Kom., M.I.Kom., menyambut hangat para tamu undangan dan seluruh delegasi kampus sekaligus memberikan sambutannya.

Sidiq menyebut bahwa SILAT APIK PTMA 2024 merupakan acara terbesar selama berdirinya Prodi Ilmu Komunikasi UMS sejak tahun 2006.

“UMS kali ini menjadi tuan rumah yang ketiga, kami sangat bangga dan bahagia menyambut rekan-rekan semuanya. Kami harapkan di sini bisa bersama-sama, bekerja sama untuk meningkatkan salah satu indeks kinerja yang cukup krusial, yakni prestasi mahasiswa di bidang akademik dan non-akademik,” ujar Sidiq.

Penyelenggaraan acara tidak hanya berlokasi di UMS dan sekitarnya, tetapi Panitia SILAT APIK PTMA 2024 akan membawa para peserta untuk mengunjungi lokasi-lokasi kuliner dan budaya di kota Solo.

Pada kesempatan yang sama, Ketua APIK PTMA, Muhammad Himawan Sutanto, S.Sos., M.Si., menyampaikan tujuan dibuatnya SILAT APIK PTMA 2024.

“Target kita tidak muluk-muluk, kita mencoba meggembirakan dengan konteks menghubungkan antara satu PTMA dengan PTMA yang lain,” ujarnya.

Himawan juga berharap target yang sudah ada bisa lebih maksimal dan berkembang, bukan hanya menjalin silaturahmi antar PTMA, tetapi juga level internasional.

Wakil Rektor V Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional UMS, Prof., Supriyono, S.T., M.T., Ph.D., juga turut memeriahkan dan menyambut hangat SILAT APIK PTMA 2024 sekaligus membuka acara.

Supriyono mengatakan bahwa acara tersebut ditujukan untuk mencairkan gap atau celah antar perguruan tinggi nasional dan juga PTMA, termasuk antara perguruan tinggi di Jawa dan Luar Jawa.

“Asosiasi pertemuan seperti ini sangat penting ketika kemudian kita ingin maju bersama untuk mengurangi gap yang ada,” tambahnya.

Acara SILAT APIK PTMA 2024 resmi dibuka oleh Wakil Rektor V UMS bersama dengan Ketua APIK PTMA, Ketua Silat APIK PTMA 2024, dan Kaprodi Ilmu Komunikasi UMS yang disimbolkan dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali. (Najwa/Yusuf/Humas)