You are currently viewing Tim P2AD UMS Bangun Instalasi Panel Surya untuk MIM Gemantar, Sragen

Tim P2AD UMS Bangun Instalasi Panel Surya untuk MIM Gemantar, Sragen

ums.ac.id, PABELAN– Tim Pengabdian Masyarakat Persyarikatan/AUM/Desa Binaan (P2AD) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjalankan pengabdian berupa redesain instalasi Gedung Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Gemantar, Mondokan, Sragen dengan 4 tahapan kegiatan selama 6 bulan.

Tim pengabdian ini melibatkan lima dosen, yakni : Hasyim Asyari; Prof.,Dr., Sarjito; Budi Setiawan; Dr., Suryaning Setyowati; dan Dr., Dhani Mutiari serta Tim Mahasiswa Teknik Elektro, Teknik Arsitektur dan Teknik Sipil UMS.

BACA JUGA : Khatib di Stadion Wilis, Rektor UMMAD Prof.,Dr., Sofyan Anif Ajak Bangun Karakter Unggul Lewat Spirit Hari Raya Qurban 1444 H

Ketua Tim P2AD UMS, Hasyim Asyari berharap melalui kegiatan P2AD ini instalasi listrik pada gedung MIM Gemantar, Mondokan memiliki standar kenyaman dan keselamatan bagi pengguna gedung tersebut.

“Kegiatan P2AD mendesainkan sistem instalasi listrik yang terintegrasi dengan penggunaan energi terbarukan berupa panel surya dengan tipe ongrid,” papar Hasyim Asyari, Sabtu (1/7).

Hasil desain dari Tim P2AD UMS tersebut, menurut dia, proses instalasinya bisa dilakukan secara bertahap menyesuaikan ketersediaan dana. Di tahapan awal, pembangunan hanya instalasi listrik yang bersumber dari PLN saja, namun ke depan jika terdapat dana, maka pemasangan panel surya sifatnya hanya menambahkan atau tanpa mengubah instalasi existing (yang sudah terpasang).

BACA JUGA : Idul Adha 1444 H, Pesma KH Mas Mansur UMS Lakukan Edukasi dan Praktik Penyembelihan Halal

Hasyim juga berharap melalui pengabdian ini, biaya operasional yang dikeluarkan MIM Gemantar Mondokan dapat ditekan dan siswa dapat belajar mengenai panel surya.

“Terinstalnya panel surya pada sistem kelistrikan di gedung MIM Gemantar  Mondokan Sragen diharapkan mampu menurunkan biaya operasional energi  listrik ke PLN dan juga sebagai media belajar bagi siswa MIM Gemantar Mondokan Sragen,” ungkapnya.

Kegiatan P2AD ini, lanjut dia, berlangsung dalam 4 tahap yaitu melakukan survey lokasi gedung existing yang roboh (7 Febuari 2023). Tahap ke dua adalah proses desain instalasi pada gambar denah arsitektur (gedung yang rencana dibangun), gambar kerja, Detail Engineering Drawing (DED) dan pembuatan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB). Selanjutnya pada tahap ke tiga berkoordinasi dan pendampingan pada saat proses pembangunan (April – Juni 2023), dan tahapan terakhir melakukan check list hasil pembangunan (Sabtu, 10 Juni 2023).

BACA JUGA : Tim P2DAI UMS Lakukan Pendampingan, Optimalisasi Pelayanan Kesehatan Santri Poskestren MBS Yogyakarta

Target luaran kegiatan pengabdian ini yaitu produk gambar redesain bangunan MIM yang berupa site plan, denah, tampak, potongan, desain instalasi listrik yang terintegrasi dengan panel surya berkapasitas 400 Wp, dan penghitungan RAB MIM dilengkapi perhitungan MEP yang sesuai dengan standar. (Maysali/Humas)