Alhamdulillah! UMS Berhasil Jadi PTS Urutan Pertama se-Jateng DIY Berdasarkan SINTA Rank

  • Post category:Berita
  • Reading time:2 mins read
You are currently viewing Alhamdulillah! UMS Berhasil Jadi PTS Urutan Pertama se-Jateng DIY Berdasarkan SINTA Rank

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menangguhkan keunggulannya dengan meningkatnya peringkat pada SINTA Rank di antara perguruan tinggi swasta di Indonesia. UMS saat ini menjadi yang pertama dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) sekaligus Perguruan Tinggi Swasta se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dari laman SINTA menunjukkan UMS berada di peringkat 4 dari seluruh perguruan tinggi swasta se Indonesia.

Keberhasilan tersebut didapatkan atas upaya dari UMS untuk meningkatkan publikasi dan karya ilmiah yang berkualitas.

Wakil Rektor I UMS Bidang Akademik, Riset, Pengabdian, Publikasi & HAKI Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum., menerangkan bahwa SINTA Rank merupakan pemeringkatan skor secara keseluruhan dari komponen jurnal, komponen publikasi (paper based), komponen sitasi, komponen copyright dan komponen riset.

“Sejalan peningkatan dokumen Scopus, sejalan peningkatan dokumen publikasi maka rank SINTA UMS secara nasional per hari ini di ranking 23 nasional dari total sekitar 5000 perguruan tinggi,” ungkapnya, Rabu (3/7).

UMS memiliki 42 jurnal yang terindeks oleh SINTA dengan 839 authors. Saat ini UMS memiliki skor SINTA overall (secara keseluruhan) 719.702 dan skor produktivitas 940. Pada tahun 2023, UMS mengalami kenaikan publikasi yang tinggi hingga mencapai angka 499 publikasi.

“Tugasnya UMS ya mendorong dan meningkatkan terutama standar 7 berhubungan dengan riset, standar 8 berhubungan dengan pengabdian, standar 9 berhubungan dengan keluaran
publikasi dan kerjasama itu. Jadi kalau tiga-tiganya bisa ditingkatkan perguruan tinggi manapun bisa masuk maka posisinya di rank SINTA itu. UMS dari 175 PTMA itu nomor satu, tapi kalau secara nasional tuh rankingnya 23,” ungkap Wakil Rektor UMS itu.

Harun menyampaikan, dengan meningkatnya Prodi di UMS yang saat ini sudah 76% memperoleh peringkat Unggul dan terakreditasi internasional, ditambah dengan peningkatan dokumen Scopus dan jumlah penelitian, serta meningkatnya jejaring kerja sama dan animo mahasiswa internasional yang telah mencapai 8.000 lebih pendaftar, peringkat UMS di SINTA Rank dapat meningkat lagi.

“Maka nanti ranking UMS bisa naik di atas 23 nasional. Kami berharap bisa masuk 20 besar nasional,” pungkasnya. (Maysali/Humas)