You are currently viewing Kolaborasi Bidang Industri dan Dunia Kerja antara Mitra DUDI dan UMS

Kolaborasi Bidang Industri dan Dunia Kerja antara Mitra DUDI dan UMS

ums.ac.id, SURAKARTA– Biro Kerjasama dan Urusan Nasional (BKUI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bersama Mitra DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) menggelar Workshop Industri dan Dunia Kerja Bersama Mitra DUDI, di Gedung Auditorium Mohammad Djazman UMS, Senin (14/8).

Andy Dwi Bayu Bawono, Ph.D., selaku Kepala BKUI UMS menjelaskan kegiatan yang mengundang segenap Kepala Program Studi (Kaprodi) dan yang mewakili ini, bertujuan untuk menyamakan persepsi terhadap kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan oleh Perusahaan.

“Harapannya adalah, para kaprodi dan dekan dapat merevisi kurikulum agar dapat menyesuaikan kebutuhan pasar yang sesuai dengan standar insdustri saat ini,” harap Andi.

Dia juga menuturkan, bahwa mitra DUDI akan turut diundang untuk menjadi dosen praktisi di UMS.

Koko Tjatur Rachmadi Direktur Utama PT. KB Bank Bukopin Syariah, yang juga turut menjadi narasumber menyebutkan, UMS sudah menjadi mitra lama Bank Bukopin Syariah, dengan adanya beberapa program kerjasama yang dikhususkan untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA).

Selain Direktur Utama KB Bukopin Syariah, kegiatan ini juga diisi empat narasumber lain, yakni : Ghery Akbar selaku VP-Head of People Development and Culture Engagement PT. Indosat Ooredoo Hutchison, Ika Yunita Kartikasari, M.Si., Human Capital Development Manager PT. Indofood, Abdul Nasir sebagai Head Human Capital PT. Pamapersada, dan Daud Abadi sebagai Deputy Director External Relation Farma and Food PT. Konimex.

Abdul Nasir selaku Head Human Capital PT. Pamapersada Nusantara mengungkapkan Universitas harus mempersiapkan dan melakukan pengarahan sejak dini kepada Mahasiswanya mengenai dunia kerja.

“Mahasiswa itu dari awal semester seharusnya sudah diarahkan, jangan sampai di semester 7 atau delapan mereka malah bingung mau kerja apa dan dimana,” jelas Abdul Nasir.

Abdul Nashir juga menambahkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh mahasiswa pada saat studi, yakni dengan mengasah hard skill dan soft skill, self assessment, bangun relasi dan image professional, serta wawasan karir. (Eva/Humas)