You are currently viewing Bekali Mahasiswa WMK UMS 2023, Edwin Bedah Rahasia Sukses Berwirausaha

Bekali Mahasiswa WMK UMS 2023, Edwin Bedah Rahasia Sukses Berwirausaha

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, PABELAN – Berikan bekal seputar dunia usaha pada peserta Wirausaha Merdeka (WMK) 2023, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) selaku Perguruan Tinggi Penerima Penyelenggara menghadirkan Edwin Abhi Taufiqurahmi Indarto, MP., seorang Professional Business Coach dan Founder dari Akeyodia.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, (14/8) di Ruang Seminar Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS, dan juga melalui platform Zoom Meeting.

Dalam upaya meningkatkan kemampuan kompetensi peserta, Edwin Abhi Taufiqurahmi Indarto, MP., membahas analisis SWOT, Business Model, dan Business Plan. Selain itu, pada awal pemaparan materi Edwin memberikan brainstorming terkait kepemimpinan dan pengenalan potensi diri.

“Hal ini sangat penting kita ketahui, agar dalam berwirausaha, kita sudah tahu cara mengembangkan dan memanajemen usaha yang kita miliki. Selain itu, pentingnya kita mengontrol pikiran, karena apabila tidak, pikiran itu akan mengganggu dalam mengatur usaha,” ungkap Edwin.

Menurutnya, dalam menghadapi dunia usaha penting untuk berani mengambil resiko dan fokus pada penyelesaian. Melihat keberhasilan daripada kegagalan, melihat masa depan daripada mas lalu, melihat peluang dibanding ancaman, dan melihat kekuatan daripada kelemahan.

“Ingat temen-temen peserta WMK 2023 ini, nantinya akan membuka peluang kerja, bukan menjadi pekerja. Sehingga dengan menciptakan lapangan pekerjaan, kita bisa turut membantu pemerintah dalam menangani masalah ketenagakerjaan,” paparnya.

Dua belas karakter entrepreneur yang harus dimiliki oleh pengusaha versi Edwin adalah (1) Self Confidence; (2) Responsible; (3) Good Communication; (4) Open Learning Kemudian, (5) Team Player; (6) System Oriented; (7) High Dedication (Focus to goal); (8) Gratefull; (9) Optimism; (10) Balance; (11) Creating Leaders; dan (12) Knowing Your Potential.

Kemudian, lanjut Edwin, dalam mengembangkan rencana bisnis harus tertulis tentang sebuah nilai atau value tentang produk yang dipasarkan, strategi pemasaran, produksi, strategi pemasaran, rencana keuangan, dan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Selalu kembangkan diri dan bisnis Anda, saya tunggu cerita sukses dari alumni WMK 2023 ini,” pungkasnya. (Fika/Humas)