UMS Kirimkan 8 Atlet, Siap Berlaga di PON XXI 2024

ums.ac.id, SOLOUniversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengirimkan 8 mahasiswanya untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI mewakili provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan di Aceh-Sumatera Utara, September 2024.

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si dan Wakil Rektor III UMS Prof. Ihwan Susila, Ph.D melepas para atlet UMS beserta 5 tenaga keolahragaan untuk berpartisipasi di PON XXI. Pelepasan dilakukan di Ruang Sidang Rektorat, Sabtu (31/8).

Ihwan Susila menyampaikan ungkapan syukurnya atas bertambahnya jumlah atlet mahasiswa yang dapat berlaga di PON pada tahun ini yang mencapai 8 mahasiswa. Bahkan mahasiswa baru angkatan 2024 juga menjadi perwakilan untuk bertanding.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi akuisisi baru untuk di minat dan bakat di UMS, karena ada banyak pertandingan-pertandingan lain selain PON. Kita harapkan nanti mulai kita rancang untuk pertandingan internasional,” ungkapnya.

BACA JUGA Tim Taekwondo UMS Sukses Boyong 5 Medali Emas dan 4 Perunggu

Selain bertanding, terdapat juga mahasiswa UMS yang menjadi pelatih PON pada tahun ini lantaran usianya tidak memenuhi persyaratan sebagai atlet PON. Menurut Wakil Rektor III UMS itu, meskipun tidak menjadi atlet PON tetapi menjadi pelatih, hal ini tetap menjadi tradisi yang bagus.

Rektor UMS juga turut bangga dengan bertambahnya jumlah atlet sekaligus cabang olahraga yang diikuti pada PON XXI. Dia mengingatkan para mahasiswa untuk dapat menjunjung tinggi sportivitasnya.

“Sportivitas tadi yang saya maksudkan itu salah satu karakter, salah satu ciri mahasiswa Muhammadiyah. Menjunjung tinggi etika, menjunjung tinggi nilai-nilai moral, disiplin, dan kolaboratif itu memang dari sekian nilai-nilai yang kita tanamkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pesan Anif.

Melalui pendidikan yang ada di Muhammadiyah ini, lanjutnya, harus kita perkuat dan jadikan sebagai modal besar sehingga masyarakat luas melihat karakter yang kita punyai. Termasuk ketika bertanding itu mampu menunjukkan karakter tanpa perlu ada emosi atau segala sesuatunya.

Sofyan Anif juga berpesan untuk tetap menjaga nama baik almamater UMS baik saat mendapatkan kemenangan ataupun kekalahan.

Tasya Allisya Sukarno Putri dan Naufal Naryama Daniswara yang merupakan mahasiswa baru angkatan 2024 UMS merasa bangga karena dapat bertanding di PON XXI tahun ini.

“Saya jujur sangat tertarik karena ini juga debut PON buat saya. Pertama kali ikut PON, jadi ya saya tertarik banget,” ungkap Naufal dari Cabang Olahraga Wushu.

Untuk Tasya sendiri, ini adalah kali kedua dia mengikuti PON dan berharap bisa mendapatkan juara sesuai dengan targetnya.

“Untuk diri sendiri ada target pastinya. Untuk kelas saya tuh ada target untuk di Putri Individu itu untuk target Juara I,” ujar Tasya, atlet Anggar. (Maysali/Humas)

Daftar Mahasiswa UMS yang bertanding di PON XXI.

1. Ginting Baharudin P (Pencak Silat)
2. Zaidah Mufidah (Rugby)
3. Saparullah (Kick Boxing)
4. Rahmatika Nur Chasani (Rugby)
5. Putri Faradilah (Anggar)
6. Tasya Allisya Sukarno Putri (Anngar)
7. Naufal Naryama Daniswara (Wushu)
8. Hamam Arsya Kanaya (Panahan Berkuda)

Daftar Pelatih PON XXI dari UMS

1. Nur Subekti., S.Pd., M.Or (Pelatih Pencak Silat)
2. Sapto Purnomo (Pelatih Pencak Silat)
3. Ridho Astri Dewantoro (Pelatih Rugby)
4. Eko Sudarmanto, M.Or (Wasit Paralayang)
5. Imron Nugroho Saputro (Pelatih Rugby)