You are currently viewing Arsitektur UMS Kolaborasi dengan Mitra Dalam dan Luar Negeri

Arsitektur UMS Kolaborasi dengan Mitra Dalam dan Luar Negeri

ums.ac.id, PABELAN – Sebagai pembuka Semester Gasal Tahun Ajaran 2023/2024, Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar serangkaian kegiatan kuliah umum dan pelatihan dengan melibatkan beberapa mitra peneliti dan akademisi, baik dalam maupun luar negeri.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Senin-Kamis, 4-7 September 2023. Rangkaian kegiatan ini terselenggara melalui skema hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diraih oleh Prodi Arsitektur FT UMS pada periode tahun 2023 ini, senilai total lebih dari Rp 1,4 Miliar.

Koordinator acara, Wisnu Setiawan, S.T., M.Arch., Ph.D., mengungkapkan pelatihan bertajuk Collaborative Research Workshop dilaksanakan selama 3 hari dengan mengambil tema Urban Appraisal of Architecture and Streets in Solo Denotating its Urban Vitality: Examining Placemaking and Placeness. Workshop penelitian ini mengambil tema terkait urban appraisal terhadap jalan-jalan di lingkungan perkotaan Kota Solo serta arsitekturnya yang berkaitan dengan vitalitas kota.

“Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan penelitian lapangan bagi mahasiswa dan dosen melalui kolaborasi antara Prodi Arsitektur FT UMS dengan Universiti Teknologi Malaysia serta Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta,” paparnya.

Kegiatan ini juga didukung oleh mitra-mitra prodi dari Institut Teknologi Nasional Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Peserta workshop datang dari semua institusi tersebut, baik dosen maupun mahasiswa, dengan jumlah total hingga 50 peserta.

“Melalui pelatihan ini, peserta mempelajari penelitian terkait dengan isu-isu kesesuaian lingkungan dan manusia yang menjadi salah satu tema yang banyak dipelajari dalam bidang arsitektur dan desain perkotaan, bahkan juga kaitannya dengan bidang-bidang lain seperti geografi humanistik, bahasa, dan psikologi lingkungan,” ungkap Dosen Arsitektur UMS itu.

Selain diselenggarakan secara interaktif di kelas, workshop ini juga dilengkapi dengan kunjungan lapangan secara langsung di beberapa titik komersial utama di Kota Solo terutama di sekitar Pasar Gedhe, Pasar Klewer, Pasar Ngarsopura, dan Singosaren. Sebagai luaran dari workshop ini, semua peserta berkomitmen untuk menghasilkan artikel ilmiah yang akan diterbitkan di beberapa jurnal internasional bereputasi.

Kaprodi Arsitektur UMS, Dr., Nur Rahmawati Syamsiyah, S.T., M.T., mengungkapkan, bersamaan workshop, rangkaian kuliah umum secara resmi juga diselenggarakan sebagai pembuka perkuliahan di Semester Gasal 2023/2024.

Kuliah umum pertama dilangsungkan pada Senin, 4 September 2023 untuk mata kuliah Konservasi Arsitektur dengan pembicara Dr., Rohana binti Mohd Firdaus dari Universiti Teknology Malaysia dengan mengangkat tema The Implementation to Planning and Conservation.

Visiting lecture pada hari ke dua terselenggara pada Selasa, 5 September 2023 dengan menampilkan Prof., Ismail bin Said, seorang pemerhati pendidikan dari Malaysia, bertema Identifying Problems in Architecture Inquiries in Aspects of Person-Environment Fit and Passive Architecture. Materi ini disampaikan sebagai pembuka pada mata kuliah Metode Riset dan Statistika Arsitektur.

Ke tiga, kuliah umum nanti akan disampaikan oleh Dr., Ir., Nurtati Soewarno, M.T. dari ITENAS Bandung pada hari Kamis, (7/9) terkait mata kuliah Morfologi Perkotaan.

Kegiatan-kegiatan tersebut sekaligus menjadi perwujudan bentuk komitmen Prodi Arsitektur FT UMS untuk terus meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama dari aspek pembelajaran dan penelitian. Rencananya, kerjasama dengan mitra akan terus ditingkatkan di masa depan untuk kegiatan-kegiatan lain.
“Kegiatan dapat diperluas dengan tema-tema yang relevan dengan mata kuliah lain dan bahkan ada kemungkinan dapat dikembangkan menjadi kegiatan yang dapat berdampak langsung pada masyarakat. InshaAllah,” pungkas Kaprodi Arsitektur UMS itu.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan MoA kerjasama antara Prodi Arsitektur UMS dengan Prodi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan ITENAS Bandung terkait kolaborasi riset dan publikasi yang melibatkan 5 perguran tinggi. (Fika/Humas)