You are currently viewing Kenalkan Lingkungan Kampus, FKIP UMS Gelar Pekan Orientasi Mahasiswa Baru

Kenalkan Lingkungan Kampus, FKIP UMS Gelar Pekan Orientasi Mahasiswa Baru

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, PABELAN – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (POMB) yang diikuti oleh 11 Program Studi (Prodi), yang bertempat di lingkungan Kampus FKIP UMS dan Gedung Warastratama Manahan.

Kegiatan POMB dibuka secara simbolis oleh Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif, M. Si., dan dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan FKIP UMS dan Kepala Program Studi FKIP UMS.

Dekan FKIP UMS, Prof., Dr., Sutama., M. Pd., mengungkapkan bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan kampus dan perkuliahan FKIP UMS kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 31 Agustus sampai 3 September 2023.

“POMB ini selain mengenalkan lingkungan perkuliahan di FKIP juga terdapat beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan di dalam dan di luar kelas, dimana kegiatan di dalam kelas meliputi materi perpustakaan, materi PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), Prodiria (pengenalan tentang program studi), HMPria (pengenalan tentang himpunan yang ada di program studi), student goverment, motivasi organisasi,” papar Dekan FKIP itu.

Sedangkan kegiatan yang berada di luar kelas meliputi UKMria yang mana dalam acara ini seluruh UKM yang ada di FKIP UMS melakukan persembahan untuk menarik minat mahasiswa baru bergabung dalam UKM tersebut. UKM yang ada di FKIP UMS meliputi UKM LPM Figur yang bergerak dalam bidang jurnalistik, UKM MPA Sangguru yang bergerak pecinta alam, UKM Teater Wejang yang bergerak dalam bidang seni dan teater, dan UKM Berisic yang bergerak dalam bidang musik.

Pada penutupan POMB FKIP UMS hari terakhir digabung dengan GALAKARSA (Gala Karya Mahasiswa Baru). Galakarsa merupakan salah satu inovasi baru dalam penyambutan mahasiswa baru FKIP UMS.

“Kegiatan ini dihadiri oleh Jajaran pimpinan FKIP dan seluruh kepala program studi FKIP UMS. Kegiatan Galakarsa meliputi seminar dan peluncuran buku antalogi puisi dengan judul Ragam Cita,” tambahnya.

Dalam seminar Galakarsa kali ini mendatangkan pembicara atau narasumber Sudjiwo Tejo yang merupakan salah satu tokoh budayawan dan sastrawan di Indonesia, dalam seminar tersebut pembicara memaparkan materi tentang pentingnya literasi. Materi tersebut dipilih dengan tujuan untuk meningkatkan minat literasi mahasiwa baru FKIP UMS tahun 2023.

Setelah kegiatan seminar terdapat peluncuran buku Ragam Cita, dimana buku Ragam Cita tersebut berisi karya-karya puisi mahasiswa baru FKIP UMS tahun 2023.

Kegiatan POMB ditutup dekan FKIP UMS secara simbolis. Selain itu, kegiatan penutupan POMB juga dimeriahkan oleh penampilan dari UKM Teater Wejang, UKM Berisic, dan Stand Up Comedy UMS. (Fika/Humas)