FKIP UMS Hasilkan Generasi CAKAP

  • Post author:
  • Post category:Opini

Oleh Prof. Dr. Sutama, M.Pd. Selaku Dekan FKIP UMS

GENERASI cakap adalah generasi yang cerdas, amanah, kompeten, andal, dan pembaharu. Generasi cakap, unggul, dan bermartabat merupakan harapan pendiri bangsa. Menghasilkan generasi penerus tersebut, juga bagian dari tanggung jawab Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Hal ini merupakan tugas suci, yang akan membentuk masa depan pendidikan dan masyarakat.

Mengapa saya berbicara tentang generasi cakap unggul bermartabat? Karena dalam dunia yang terus berubah ini, kita perlu menciptakan individu-individu yang mampu berpikir kritis, beradaptasi dengan perubahan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika.

Generasi ini tidak hanya akan menjadi pemimpin di berbagai bidang, tetapi juga contoh teladan dalam masyarakat. Nah, FKIP UMS berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas tinggi. Tidak hanya mengajar materi hard skill, tetapi juga membentuk karakter dan moral soft skill mahasiswa dan mahasiswinya.

Kami memahami, bahwa kualitas pendidikan tidak hanya diukur dari hasil ujian. Tetapi juga sejauh mana mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam kehidupan sehari-hari.

Marilah bersama-sama berkolaborasi dalam tim yang kompak. Berusaha cerdas untuk mencetak generasi cakap, unggul, dan bermartabat. Agar membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara. Jika tugas yang besar ini dilaksanakan dengan kebersamaan. insya Allah kita akan mencapainya.

Kebetulan selama sepekan ini, FKIP UMS menggelar Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (POMB). Merupakan salah satu program tahunan FKIP UMS, dengan sasaran mahasiswa baru (maba) FKIP UMS yang ada di 11 program studi (prodi).

Prodi itu meliputi Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Kemudian Pendidikan Teknik Informatika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, serta Pendidikan Geografi. Selanjutnya Pendidikan Olahraga, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, serta Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

POMB ini bertujuan mengenalkan lingkungan kampus dan perkuliahan FKIP UMS kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari, mulai dari 31 Agustus hingga 3 September 2023. Bertempat di lingkungan kampus FKIP UMS dan Gedung Warastratama Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Kegiatan POMB dibuka secara simbolis oleh Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si. Dihadiri seluruh jajaran pimpinan FKIP UMS. Termasuk Kepala Program Studi (Kaprodi) FKIP UMS.

POMB ini selain mengenalkan lingkungan perkuliahan di FKIP, juga terdapat beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan. Baik di dalam maupun di luar kelas. Di mana kegiatan di dalam kelas, meliputi materi perpustakaan, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), pengenalan tentang program studi (Prodiria), serta pengenalan tentang himpunan yang ada di program studi (HMPria), student goverment, dan motivasi organisasi.

Sedangkan kegiatan yang berada di luar kelas, meliputi UKMria. Di mana dalam acara ini, seluruh unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di FKIP UMS melakukan persembahan. Supaya menarik minat mahasiswa baru untuk bergabung dalam UKM tersebut.

UKM yang ada di FKIP UMS, meliputi UKM LPM Figur yang bergerak di bidang jurnalistik. Kemudian UKM MPA Sangguru yang bergerak di bidang pecinta alam. Lalu UKM Teater Wejang yang bergerak di bidang seni dan teater. Serta UKM Berisic yang bergerak di bidang musik.

Pada penutupan POMB FKIP UMS, 3 September lalu, digabung dengan Gala Karya Mahasiswa Baru (Galakarsa). Galakarsa merupakan salah satu inovasi dalam penyambutan mahasiswa baru FKIP UMS.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pimpinan FKIP, serta seluruh kepala program studi FKIP UMS. Kegiatan Galakarsa meliputi seminar dan peluncuran buku antalogi puisi, dengan judul Ragam Cita(*)

 

Sumber : https://radarsolo.jawapos.com/opini/842939246/fkip-ums-hasilkan-generasi-cakap