You are currently viewing CUBE UMS Juarai Civil Expo 2017

CUBE UMS Juarai Civil Expo 2017

  • Post author:
  • Post category:Berita

International Concrete Competition (ICC) menjadi salah satu ajang bergengsi pada rangkaian acara Civil Expo 2017 yang diselenggerakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). Gelaran tersebut dilaksanakan selama sepekan, 25-30 September 2017. Acara ICC sendiri merupakan perlombaan yang fokus terhadap perancangan beton.

Dilansir dari civilexpo.its.ac.id bahwa ICC adalah bentuk pemahaman Tim IRR terhadap dunia dengan mengadakan acara besar yang belum pernah ada sebelumnya dalam bentuk Kompetisi Beton Internasional yang menunjukkan inovasi, kreativitas, dan teknologi struktur beton yang hebat.

Tim Civil Engineering Unity for Building Innovation and Creativity (CUBE) Universitas Muhammadiyah Surakarta ikut berpartisipasi pada acara bergengsi tersebut. Tim yang digawangi oleh Ilham Dodi, Riski Aditya, dan Candyoga David merupakan mahasiswa Teknik Sipil UMS. Dengan melakukan eksperimen selama satu bulan tim terdiri dari 3 orang tersebut berhasil menciptakan inovasi Self Compacting Concrete (SCC) yang berhasil menghantarkan CUBE UMS menyandang gelar juara pertama.

David salah satu anggota tim CUBE menyatakan bahwa beton merupakan masalah krusial dalam bidang konstruksi di Indonesia. Sehingga perlu dibuat beton yang mampu mengalirkan beton sesuai dengan berat beton itu sendiri, sehingga lebih efisien dan efektif dibanding beton biasa.

David berharap kedepannya CUBE dapat memperoleh prestasi yang membanggakan untuk UMS. “Jangan pernah merasa minder, takut atau lemah. Jangan jadikan omongan orang lain sebuah sesuatu yang akan menjatuhkan, kita bisa taklukkan dunia,” pesan David untuk mahasiswa UMS. (Ahmad)