You are currently viewing KMTE Robot Research Raih Juara Dua LTDC Nasional

KMTE Robot Research Raih Juara Dua LTDC Nasional

  • Post author:
  • Post category:Berita

Nama Universitas Muhammadiyah Surakarta kembali mengharum di kancah Nasional melalui tangan-tangan kreatif dari mahasiswanya. Kali ini dengan karya yang diciptakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) Robot Research yang berhasil menperoleh juara dua diajang Line Tracer Design Competition (LTDC) tingkat nasional di Universitas Negeri Malang pada 26-28 September 2017.

Berawal dari informasi yang diperoleh di grup whatsapp Departemen perlombaan, KMTE mengirimkan sebanyak empat tim. “Robot Research UMS mengirimkan empat tim, per tim itu tiga orang jadi jumlahnya 12 orang untuk mengikuti lomba Line Tracer Design Competition,” tutur Sekretaris Umum KMTE Robot Research UMS, Anas Zulfikri.

Selain menjaga kondisi fisik agar tetap fit saat berlaga di Malang ada persiapan teknis yang dilakukan oleh setiap anggota tim, yakni memaksimalkan kinerja robot agar bekerja secara optimal saat dilombakan. Adapun Wahyu Hidayat salah satu anggota dari tim yang menciptakan robot Line Follower.

Sedangkan peserta lainnya, Yusuf Nur Permadi memaparkan bahwa mengikuti lomba ini adalah hobi dan kerja keras. Kemenanganya dalam perlombaan ini juga hal yang tidak terduga. Pasalnya ia baru dua kali ini mengikutii lomba, sedangkan teman-temannya yang lain sudah lebih dulu mengikuti perlombaan serupa.

Untuk kendala yang dihadapi selama mengikuti perlombaan adalah menjaga tegangan robot agar tetap stabil. “Namanya barang elektronik pasti enggak stabil tegangannya, kadang besar kadang juga bisa langsung ngedrop jadi harus menjaga kestabilan robot” papar Yusuf.

Yusuf juga berharap agar kedepan dapat mengikut perlombaan tingkat internasional dan kondisi KMTE semakin lebih baik dari sisi untuk membanggakan UMS. “Ya harapannya kedepan bisa ikut lomba go internasional terumatama KRI (Kontes Robot Indonesia) karena itu yang paling bergengsi,” tutupnya.