You are currently viewing Gandeng Lazismu Surakarta, Tim PKM-PM UMS Galakan gerakan “Guyub Pangan”

Gandeng Lazismu Surakarta, Tim PKM-PM UMS Galakan gerakan “Guyub Pangan”

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, PABELAN – Tim Pekan Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menggandeng Lazismu Surakarta menyelenggarakan Penyuluhan Pencegahan Stunting dengan sasaran orang tua balita stunting di Gilingan, Kota Solo. Jaringan kemitraan ini dilakukan sebagai ikhtiar untuk memperluas terwujudnya modal sosial yang merupakan bagian dari program guyub tandang.

Ketua Tim PKM PM UMS, Wulan menyampaikan pengabdian ini telah berlangsung selama 3 bulan, dengan tujuan agar balita yang mengalami stunting bisa mendapat variasi asupan nutrisi setiap harinya.

“Kami berkolaborasi memberdayakan kader PKK untuk dapat menghimpun dana abadi bersumber dari masyarakat sekitar melalui guyub tandang agar dapat berkelanjutan memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang bervariasi setiap pekannya,” papar Ketua Tim itu, Rabu, (27/9).

Menurutnya, dengan program itu harapannya, dapat mencapai perbaikan asupan nutrisi anak yang mengalami stunting bahkan hingga terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

“Sehingga cita-cita bangsa mewujudkan Indonesia dengan kasus sebesar 14% pada tahun 2024 optimis terwujud,” tegas Wulan.

Selama satu bulan ke belakang Tim PKM PM bersama kader guyub tandang, rutin mendistribusikan PMT sepekan sekali dengan menu yang bervariasi padat nutrisi, kegiatan tersebut berlangsung berkelanjutan hingga hari ini dapat menggandeng Zazismu Surakarta.

Kegiatan, Selasa, (19/9) lalu itu berlangsung sangat khidmat di Taman Cerdas Gilingan, yang dihadiri oleh tim relawan Lazismu Surakarta dan perangkat Kelurahan Gilingan.

Saat menyampaikan sambutan, Joko Susilo selaku Sekretaris Kelurahan Gilingan, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya gerakan tersebut, karena penyelesaian masalah stunting membutuhkan kerjasama intens berbagai elemen multi sektor dan bahkan lintas sektor.

Disamping itu, Wahid sebagai perwakilan relawan Lazismu menyampaikan, Rabu, 27 September seluruh Lazismu se-Jawa Tengah sedang menyelenggarakan kegiatan Peduli Kesehatan.

“Semoga kerjasama ini dapat berlanjut dalam rangka membantu menuntaskan permasalahan di masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan ini diawali dengan mengerjakan pretest pengetahuan stunting pada orang tua balita dan disambung dengan penyampaian materi ‘Kenali stunting, penyebab dan dampaknya’ yang langsung disampaikan oleh dosen ilmu Gizi ITS PKU Surakarta, yang dilanjutkan penyampaian materi ‘Cegah Stunting itu Penting’ oleh salah satu mahasiswa Tim PKM PM UMS.

Setelah rangkaian penyuluhan selesai, disambung dengan mengerjakan postest pengetahuan stunting dan perilaku kebiasaan makan, hal tersebut dilakukan untuk mengukur kemampuan perkembangan pengetahuan orang tua balita sebelum dan setelah mendapat materi mengenai stunting.

Kegiatan ‘Guyub Pangan’ ini dihadiri 43 orang tua balita stunting dengan didampingi para kader posyandunya masing-masing. Acara ini diakhiri dengan pembagian PMT olahan daging dari Lazismu Surakarta. (Fika/Humas)