You are currently viewing Alhamdulillah, Mahasiswa MABAS UMS Raih Mufassir Terbaik Harapan 3 STQH di Jambi

Alhamdulillah, Mahasiswa MABAS UMS Raih Mufassir Terbaik Harapan 3 STQH di Jambi

ums.ac.id, JAMBI – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menorehkan prestasi Mufassir Terbaik Harapan 3 dalam ajang Seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Hadits (STQH), yang diselenggarakan di Jambi, 29 Oktober – 6 November 2023.

Peraih prestasi tersebut adalah Mahasiswa Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq (MABAS) UMS, Iqbal Syaifudin.

Ia mengungkapkan perasaannya setelah mendapatkan juara 3 itu.

“Rasanya sangat bangga dan bersyukur kepada Allah Ta’ala atas semua yang telah diraih,” ungkap Iqbal, saat dihubungi pada Jumat, (10/11).

Iqbal juga menjelaskan persiapannya dalam mengikuti ajang tersebut mulai dari mempelajari tafsir dan mengikuti pelatihan.

“Persiapan yang saya lakukan mempelajari tafsir-tafsir yang ada dan mengikuti semua tahap pelatihan yang diadakan oleh Pemprov Jateng dan selalu meminta doa restu dan orang tua,” jelasnya.

Ia berharap, semoga apa yang dilakukan mendapat ridho dari Allah Ta’ala dan bermanfaat baik di dunia maupun akhirat.

Perhelatan akbar STQH dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Kegiatan ini dibawah komando Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama. Tahun ini, STQH Nasional diselenggarakan di Jambi untuk yang Ke-27.

Dilansir dari NU Online, Kasubdit MTQ Direktorat Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Kemenag, H Rijal Ahmad Rangkuti menjelaskan, STQH yang dilaksanakan di Provinsi Jambi ini akan dihadiri oleh 700an peserta. Mereka datang dari seluruh Indonesia.

Tujuan dilaksanakannya STQH adalah untuk memotivasi para kader muda agar semakin mencintai Al-Qur’an.

“Juga untuk membuka cakrawala publik tentang khazanah keislaman, utamanya terkait ke-Al-Qur’an-an,” jelasnya. (Yusuf/Humas)