You are currently viewing Farmasi UMS Teken MoU dengan Fakultas Farmasi Can Tho University of Medicine and Pharmacy, Vietnam

Farmasi UMS Teken MoU dengan Fakultas Farmasi Can Tho University of Medicine and Pharmacy, Vietnam

ums.ac.id, SOLO – Fakultas Farmasi (FF) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan kunjungan akademik ke Can Tho University of Medicine and Pharmacy (CTUMP), Vietnam dalam rangka penandatanganan naskah kerja sama, antara Fakultas Farmasi UMS dengan CTUMP.

Kunjungan kerja sama tersebut, dari pihak UMS diwakili oleh Wakil Dekan (WD) Bidang Akademik Fakultas Farmasi UMS, Dr., apt., Arifah Sri Wahyuni, M.Sc., dan dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi CTUMP Assoc., Prof., Pham Thanh Suol., dan Rektor CTUMP Assoc., Prof., Nguyen Trung Kien, Ph.D., MD.

WD Bidang Akademik Fakultas Farmasi UMS, Arifah Sri Wahyuni, menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Muhammadiyah Aisyiyah (APTFMA).

“Turut hadir Ketua APTFMA, Prof., Dyah Aryani Perwitasari dan wakil Perguruan Tinggi farmasi Muhammadiyah yang ikut serta yaitu Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Cirebon,” paparnya, Senin (6/11).

Dalam kesempatan tersebut, Arifah menyampaikan materi kuliah tamu dengan judul ‘Evaluation of the Combination of Black Rice Ethanol Extract and oral antidiabetic drugs in Reducing Blood Sugar and Protecting Kidney, Liver, and Pancreatic Cells’.

Dekan Fakultas Farmasi UMS, apt., Erindyah Retno Wikantyasning, Ph.D., mengungkapkan rasa syukur dan bangganya bahwa kegiatan ini telah berjalan lancar dan sukses. Beliau berharap MoU ini akan diikuti dengan kegiatan-kegiatan lain yang menguntungkan dan membawa manfaat bagi kedua kampus.

“Beberapa poin utama dari kerja sama ini adalah meningkatkan lingkungan yang saling mendukung untuk pertukaran mahasiswa dan dosen guna meningkatkan mutu pendidikan di kedua pihak, serta mempromosikan kerja sama internasional, transfer knowledge, riset dan kerja sama publikasi antara kedua kampus,” terang Dekan Fakultas Farmasi itu.

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan pada Sabtu, (4/11) itu, diharapkan dapat meningkatkan kerja sama internasional yang dijalin oleh Fakultas Farmasi UMS.

“Salah satu implementasi dari kegiatan tersebut adalah diundangnya pembicara dari Fakultas Farmasi CTUMP pada kegiatan seminar Internasional ICB-Pharma 5 pada Januari 2024 mendatang di UMS,” ungkapnya.

Selain penandatanganan MoU, acara yang dihadiri oleh jajaran dekanat, dosen dan staf serta perwakilan mahasiswa Farmasi CTUMP juga diisi oleh kuliah tamu dari perwakilan APTFMA yang hadir. (Maysali/Humas)