Kegiatan Akademik Fakultas Hukum UMS Terbantu dengan Layanan Hukumonline

Beragam layanan dapat menunjang kegiatan pendidikan dan pengajaran di kampus. Seperti mengakses pusat data peraturan, putusan pengadilan, hingga Premium Stories.

Layanan Hukumonline Corner mulai digunakan berbagai kampus di Indonesia. Fakultas Hukum  (FH) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi kampus swasta pertama yang menggunakan layanan Hukumonline Corner di provinsi Jawa Tengah. Kampus yang berdiri sejak 1957 itu mencermati perkembangan teknologi yang pesat dapat dimanfaatkan untuk kegiatan akademik seperti proses perkuliahan. Sebagai upaya mewujudkan kegiatan akademik memanfaatkan teknologi, FH UMS memilih layanan Hukumonline. Yakni University Solution dengan salah satu fitur yang ditawarkan berupa Hukumonline Corner.

Hukumonline Corner merupakan paket perangkat komputer dengan akses layanan lengkap konten Hukumonline dengan mudah dan leluasa. Sebagaimana diketahui Hukumonline merupakan perusahaan teknologi bidang hukum yang memiliki berbagai produk dan jasa yang dapat menunjang kegiatan di civitas akademika FH UMS.

Misalnya, bisa mengakses pusat data peraturan, putusan pengadilan, dan Premium Stories. Beragam layanan itu dapat menunjang kegiatan pendidikan dan pengajaran di kampus. Sebagai penyandang akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT) Departemen Pendidikan RI untuk Prodi S-1 Ilmu Hukum dan Prodi S-2 Magister Hukum, FH UMS mendorong mahasiswanya untuk bisa mengoptimalkan layanan yang disediakan Hukumonline.

Dekan FH UMS, Prof Kelik Wardiono, mengatakan pihaknya telah lama menunggu agar civitas  FH UMS mulai dosen dan mahasiswa secara resmi dapat memanfaatkan layanan Hukumonline. Kendati peresmiannya baru dilakukan Kamis (16/11/2023), tapi selama beberapa bulan terakhir civitas akademika FH UMS bisa mengakses layanan Hukumonline melalui gawai masing-masing.

Dengan menggunakan layanan Hukumonline, Prof Kelik mengatakan civitas akademika FH UMS sangat terbantu dalam melakukan kegiatan akademik. Seperti proses belajar mengajar di perkuliahan, penelitian dan pengabdian masyarakat. “Dalam beberapa bulan ini kami sudah menikmati banyak manfaat, mengakses data dan informasi yang ada di Hukumonline,” kata Prof Kelik dalam kegiatan Peluncuran Hukumonline Corner dan Guest Lecturer di gedung perpustakaan pusat UMS, Kamis (16/11/2023).

Layanan hukumonline, menurut Prof Kelik membantu mahasiswa dan dosen sehingga tak kesulitan lagi melakukan inventarisasi hukum. Misalnya mencari beragam peraturan secara lengkap. Ada juga peraturan konsolidasi yang memudahkan untuk melihat peraturan yang mengatur khusus bidang tertentu. Ke depan, perlu ditambahkan fitur untuk sinkronisasi peraturan konsolidasi yang telah ada. Hukumonline Corner bisa digunakan civitas akademika FH UMS untuk mengakses seluruh layanan Hukumonline.

“Terima kasih atas kesempatan ini sehingga kami bisa memanfaatkan layanan Hukumonline untuk membantu menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” papar Prof Kelik.

Pada kesempatan yang sama, AVP Customer Experience & Engagement Hukumonline, Grace Nagatami Susilo, berterimakasih atas sambutan dan apresiasi civitas akademika FH UMS terhadap Hukumonline. Termasuk menyiapkan segala kebutuhan untuk peresmian Hukumonline Corner dan guest lecturer di FH UMS.

“Kami terus berinovasi dan memberi layanan terbaik, baik itu mitra di Corporate, Law Firm dan akademisi (perguruan tinggi, red),” imbuhnya.

Hukumonline.com

Saat meresmikan Hukumonline Corner di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keperluan kalangan civitas akademika terhadap data dan informasi terbaru di bidang hukum sangat tinggi sehingga perlu difasilitasi dengan baik. Apalagi belakangan ini peraturan berubah dengan cepat, dan informasi itu perlu diperoleh dengan cepat dan akurat. Fitur Hukumonline Corner sama seperti yang dimiliki berbagai kantor hukum besar, perusahaan global, dan kampus-kampus ternama pelanggan layanan premium Hukumonline.

“Kami merasa terhormat atas kerjasama ini, dan diharapkan bisa berlanjut terus,” katanya.

Top Indonesian Law Schools Profiles

FH UMS juga mendapat apresiasi atas partisipasinya dalam ajang bergengsi sebagai salah satu jajaran kampus yang masuk Top Indonesian Law School Profiles Hukumonline 2023. Hukumonline secara resmi meluncurkan Top Indonesian Law Schools 2023, antara lain Top Indonesian Law School Profiles. Top Indonesian Law School Profiles 2023 diluncurkan secara perdana yang di dalamnya memuat berbagai informasi 22 perguruan tinggi dalam negeri secara rinci.

Top Hukumonline Indonesian Law School Profiles ini sebagai rangkaian data informasi mengenai FH yang meliputi program studi, akreditasi, pencapaian prestasi fakultas hukum, pencapaian prestasi mahasiswa, layanan fasilitas, lembaga bantuan hukum beserta layanannya, pusat studi, alumni terkemuka, hingga akademisi terkemuka.

Dalam Top Indonesian Law School Profiles ini mengedepankan informasi mengenai perguruan tinggi yang memiliki fokus kajian ilmu hukum di Indonesia. Melalui program ini dikenalkan pula kepada publik tentang tenaga kependidikan, tidak hanya mengenai profil yang berkaitan dengan akademik.