You are currently viewing Mahasiswa UMS Raih Juara Favorit Musabaqah Khottil Quran Naskah dan Juara 1 Musabaqah Hifzhil Quran 20 Juz pada Ajang MSQN III 2023

Mahasiswa UMS Raih Juara Favorit Musabaqah Khottil Quran Naskah dan Juara 1 Musabaqah Hifzhil Quran 20 Juz pada Ajang MSQN III 2023

ums.ac.id, PABELAN – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil mendapatkan Juara 1 Musabaqah Hifzhil Quran 20 juz atas nama Muhammad Anwar Arifin, dan Juara Favorit Musabaqah Khottil Quran Naskah atas nama M. Rasyid Ridho, pada ajang MSQN III 2023 yang diselenggarakan Universitas Islam Sultan Agung Semarang (UNISSULA) Minggu, 29 Oktober 2023.

Kepala Bagian Kaderisasi dan Dakwah, Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag., mengungkapkan lomba MSQN di UNISSULA ini diniatkan untuk pemanasan mahasiswa sebelum mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) Kemendikbudristek yang akan dilaksanakan 4-9 November 2023 di Malang.

“Cabang yang digelar diantaranya cabang Musabaqah 10 dan 20 juz, dan cabang kaligrafi, baik kaligrafi kontemporer, maupun kaligrafi cabang kaligrafi naskah. Pada kesempatan ini, kami mengirimkan semua cabang, terdapat 7 mahasiswa yang sebelumnya sudah mengikuti seleksi di tingkat Universitas,” tambahnya.

Menurutnya, di Biro Kemahasiswaan UMS sendiri terdapat bidang yang berkonsentrasi pengembangan minat terkait program mahasiswa yang ditujukan untuk mengambangkan minat bakat kepemimpinan dan keislaman. Salah satunya, setiap tahun dilakukan seleksi MTQ tingkat universitas dalam rangka mencari mahasiswa potensial. Setelah mendapatkan juara di tingkat kampus, mahasiswa kemudian diberikan fasilitas untuk mengikuti latihan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

“Pada cabang-cabang tertentu di UMS belum ada SDM, sehingga kami juga menghadirkan pelatih eksternal. Sudah biasa melatih menjadi juri minimal tingkat provinsi. Upaya kami mendampingi dan memfasilitasi mahasiswa, sewaktu waktu ikut mandiri maupun undangan sampai ke univ delegasikan,” tutur Mahasri.

M. Rasyid Ridho, peraih Juara Favorit Lomba Musabaqah Khottil Quran Naskah, mengungkapkan sudah cukup lama dirinya mempersiapkan lomba. Dia juga sbelumnya pernah mengikuti kejuaraan 3 PTMA 2021, dan pada MTQ UNY mendapatkan juara harapan.

“Dari dulu sudah sering ikut lomba kaligrafi, kemudian ini kali pertama ikut yang cabang naskah dan alhamdulillah mendapat juara favorit,” ungkap mahasiswa Prodi Ilmu Quran Tafsir (IQT) itu.

Rasyid berharap, ke depan bisa lebih baik lagi dan menjuarai event-event selanjutnya.

Peraih Juara 1 Cabang Musabaqah Quran 20 juz, Muhammad Anwar Arifin, mengatakan dia sudah mempersiapkan diri dari lama, dimulai dari event universitas dan dilanjutkan mengikuti lomba ini. Lomba ini dia jadikan sebagai bentuk pemanasan.

“Juara 1 ini saya tidak mengira sebelumnya, alhamdulillah rezeki aja. Semoga setelah ini bisa menguatkan hafalan dan dapat terus memotivasi mahasiswa lain,” pungkas mahasiswa Prodi Teknik Sipil itu. (Fika/Humas)