You are currently viewing Tim Mahasiswa UMS Raih Silver Medal dan Special Award pada Ajang SIIF 2023 di Korea Selatan

Tim Mahasiswa UMS Raih Silver Medal dan Special Award pada Ajang SIIF 2023 di Korea Selatan

ums.ac.id, SURAKARTA – Tim Kolaborasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil meraih Silver Medal dan Special Award pada ajang Seoul International Invention Fair (SIIF) 2023, dengan mengembangkan inovasi pencegahan diabetes melitus melalui produk teh. Peserta lomba berasal dari 26 Negara dan 484 invention dan berkompetisi pada 1-4 November 2023 di Seoul, Korea Selatan.

Tim yang beranggotakan Miranda Aisyah Putri dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Nuri Utami dan Inas Yadya Laksita Dewi dari Fakultas Farmasi  (FF), serta Titin Sulistianingsih Fakultas Teknik (FT), mengangkat topik ‘Clivia Tea Combination of Butterfly Pea Flowers (Clitoria ternatea) and Stevia Leaves (Stevia rebaudiana) to Prevent Diabetes Mellitus’.

Pembimbing tim dari UMS, drg. Ana Riolina, MPH., mengungkapkan bahwa persiapan tim sudah direncanakan dari 3 bulan yang lalu. Tim ini pertama kali dibentuk pada bulan Agustus 2023. Kemudian tim secara intensif melakukan persiapan seperti pengembangan ide, pembuatan abstract, uji coba pembuatan produk, finalisasi pembuatan produk, uji coba produk siap pakai dan terakhir pengemasan.

“Clivia tea memiliki keunggulan yaitu mengusung tema penggunaan bahan alami dari Indonesia, yaitu bunga telang yang kami padukan dengan melati dan stevia dalam sebuah tea bag. Produk ini bermanfaat untuk  mencegah diabetes melitus. Selain itu, mudah untuk dikonsumsi hanya dengan menyeduh dengan air panas, dan tidak perlu diberi tambahan gula karena sudah manis,” papar Dosen Pembimbing itu.

Dengan kemudahan tersebut, membuat banyak pengunjung booth menyukai produk Clivia Tea milik tim Mahasiswa UMS.

“Dalam proses perlombaan, Tim Clivia mendapat booth lomba di lingkungan peserta Indonesia. Seluruh produk Clivia Tea dipamerkan. Tidak hanya itu, kita juga menyiapkan poster dalam bentuk kombinasi tulisan dan gambar yang berisi komposisi,uji-uji dan hasil seduhan teh yang telah dilakukan pada produk,” papar drg. Ana.

Dia mengungkapkan sebagai pembimbing dari tim, dirinya merasa bangga dengan prestasi yang telah diraih mahasiswa ini. Walaupun berasal dari 3 fakultas yaitu FKG, FF, dan FT, tim mahasiswa dapat bekerja sama dengan sangat baik dalam sebuah tim.

“Saya berharap, Clivia Tea dapat dikembangkan lagi sehingga ditemukan inovasi-inovasi baru untuk menyempurnakan produk. Semoga niat Clivia Tea untuk mencegah diabetes dapat dimanfaatkan oleh semua orang,” pungkas Wakil Dekan III FKG UMS itu.  (Fika/Humas)