You are currently viewing Lagi! Metala FEB UMS Sabet Juara Umum Nasional Orienteering

Lagi! Metala FEB UMS Sabet Juara Umum Nasional Orienteering

  • Post author:
  • Post category:Berita

Atlet METALA (Mahasiswa Ekonomi Pecinta Alam) raih juara di lomba Orienteering Universitas Tidar Magelang. Lomba ini dilaksanakan pada hari Minggu (25/11) di Desa Muneng, Pakis, Magelang. Event Lomba Tingkat Nasional ‘Sulfur Orienteering Competition 8 (SOC 8)’ tersebut diselenggarakan oleh Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Tidar, Magelang.

Orienteering sendiri merupakan olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas untuk menyelesaikan suatu lintasan dari titik kontrol satu ke titik kontrol lain dalam waktu sesingkat mungkin.

Event Lomba Tingkat Nasional SOC 8 berlangsung selama dua hari mulai hari Sabtu – Minggu tanggal 24 – 25 November 2018. Agenda hari pertama, para atlet mengikuti Technical Meeting di Universitas Tidar. Didalamnya membahas tentang tata cara, jenis, penilaian perlombaan, pembagian nomor dada, dan diskusi seputar lomba. Dilanjutkan hari kedua yaitu pelaksanaan Lomba Orienteering yang berlokasi di Desa Muneng, Pakis, Magelang dengan jenis perlombaan Score Event. Selesai perlombaan, acara dilanjutkan Closing Ceremony, yang menampilkan grup band musik sebagai penghibur di Universitas Tidar Magelang.

Perlombaan diawali dengan latihan fisik untuk menunjang kemampuan fisik, mental para atlet dan kemampuan bernavigasi menggunakan peta dan kompas. Dalam event ini terdiri dari 2 kategori yaitu Umum putra dan Umum putri. Jenis perlombaan Sulfur Orienteering Competition 8 (SOC 8) adalah Score Event dengan peta RBI di Desa Muneng, Pakis, Magelang dengan lokasi start dan finish di SDN 1 Muneng. Total peserta 35 tim umum putri sendiri terdiri dari 13 team dan umum putra 22 tim.

METALA FEB UMS, dalam kesempatan ini menurunkan 3 tim andalannya. Dari hasil berlatih keras para atlet, Metala meraih Juara 1 Umum Putri tim MOC 3 yang mampu menyapu 14 point dari 20 point dengan total score 2110 atas nama Eliesya Fitri Wulandari dan Rika Budiarti. Kemudian, Juara 2 Umum Putri tim MOC 2 yang mampu meraih 12 point dari 20 point dengan total score 1850 atas nama Yuni Noor Hayati dan Galuh Shita Pratiwi. Selain itu, tidak tanggung-tanggung, Metala juga mendapat juara 1 Umum Putra yang menyapu 16 point dari 20 point atas nama Hariyadi Lukman dan Daud Al Faruq. Waktu tempuh bersih 3 jam 30 menit dan waktu pinalti 30 menit, total score 3000.

“Selamat untuk para juara di SOC 8, event ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Mapala Sulfur, tak disangka atas perolehan yang diraih oleh atlet orienteering METALA bisa menduduki Juara 1 dan 2 di Umum Putri dan Juara 1 Umum Putra. Event ini juga sebagai batu loncatan di evet selanjutnya, harapannya bisa meraih juara kembali” Jelas Ketua Umum METALA Attabik Ahmad.

Raihan prestasi ini tentu membawa nama Universitas Muhammadiyah Surakarta semakin harum, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnia UMS serta keluarga besar Metala. (Risqi)