You are currently viewing Pembekalan dan Pelepasan Calon Sarjana FKIP UMS “Berkarya dengan Umat”

Pembekalan dan Pelepasan Calon Sarjana FKIP UMS “Berkarya dengan Umat”

  • Post author:
  • Post category:Berita

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan pembekalan dan pelepasan calon sarjana dengan mengusung tema “Berkarya Untuk Umat” yang diselenggarakan di Auditorium M.Djasman Kampus 1 UMS, Kamis 16 Desember 2021.

Ketua panitia pembekalan Dr. Miftakhul Huda,M.Pd menyampaikan jumlah peserta pembekalan ini 535 wisudawan dengan rincian yaitu: Prodi Akuntansi (77), Prodi PKn (37), Prodi Bahasa Indonesia (69), Prodi Bahasa Inggris (95), Prodi Matematika (32), Prodi Biologi (69), Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (66), Prodi. Pendidikan Anak Usia Dini (28), Prodi Pend Geografi (17), Prodi Pendidikan Teknik Informatika (20), Prodi Pendidikan Olah Raga (25).

Terdapat 4 Standar Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki di Era Digital yaitu Kompetensi pedagogik adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik, Kompetensi Kepribadian berkaitan dengan karakter personal, Kompetensi Profesional Guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas Keguruan bisa diselesaikan dengan baik, kompetensi sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas.

Dekan FKIP UMS Prof.Dr. Sutama, M.Pd berpesan wisudawan jangan bimbang dalam menghadapi persoalan dan di FKIP UMS ini terdapat ikatan alumni guna mempererat silaturahmi dan memperlebar informasi yang bermanfaat.

“Jangan bimbang menghadapi bermacam-macam persoalan, karena semakin dekat cita-cita kalian tercapai, maka akan semakin berat persoalan yang harus kalian alami. Yakinlah bahwa setiap persoalan pasti ada hikmah dan membuat kalian menjadi lebih dewasa dan ikutlah bergabung di ikatan alumni”.

Selain itu juga Prof Tama mengatakan perjuangan kalian ke depan harus bisa menyinergikan idealisme dengan realita di lapangan. Realita ini memerlukan kreativitas dan keterampilan lebih untuk beradaptasi dengan lingkungan, serta peran kompetensi sosial dan interpersonal sangat penting.

Pada kesempatan yang sama Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si. berpesan dengan tren menurunnya perkembangan Covid ini, UMS mendapatkan peringkat 3 dari seluruh perguruan tinggi Islam terbaik dunia (UniRank) dan berpesan kepada alumni untuk tetep menjaga marwah dan nama baik almamater dengan menjadi guru yang memberikan inovasi dan kreatifitas bagi siswa sekaligus dapat berprestasi ditingkat nasional dan internasional.

Dosen FKIP UMS Yasir Sidiq, S.Pd., M.Sc., Ph.D menyampaikan 4 bekal yang harus dibawa yaitu menjadi pemuda pemudi yang produktif (Be Productive), Having a good communication skill, Percaya diri dan jangan ragu melangkah, Ikhlas dalam bekerja (Bekerja lillah)bagi calon alumni FKIP UMS. (Brondy/Humas)