You are currently viewing Lulusan FKIP UMS Diminta Untuk Mengajar Di Muhammadiyah Australia College

Lulusan FKIP UMS Diminta Untuk Mengajar Di Muhammadiyah Australia College

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Menggandeng Muhammadiyah Australia College (MAC), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menginisiasi program kerjasama antara ke dua lembaga dalam rangka pengembangan pendidikan. Hal ini ditandai dengan kunjungan balasan dari MAC kepada UMS pada Selasa (19/12), berlokasi di Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Wakil Dekan I, Mauly Halwat Hikmat, Ph.D., menyebut FKIP merintis rencana kerjasama yang kaitannya dengan kegiatan mahasiswa, berupa magang dan kesempatan mengajar bagi lulusan mahasiswa FKIP di MAC.

“FKIP memang menginisiasi kerjasama terkait kegiatan mahasiswa berupa magang dan lulusan kami bekerja di sana. Sebelumnya FKIP UMS sudah berkunjung ke sana. MAC sudah mengajukan permintaan lulusan FKIP UMS untuk mengajar di sana,” tutur Mauly.

Mauly berharap dengan adanya kerjasama ini, harapannya baik mahasiswa maupun alumni mampu memanfaatkan kerjasama ini untuk membuka wawasan tidak hanya di wilayah Asia tetapi hingga Australia.

MAC yang memiliki jenjang sekolah dasar dan menengah ini merupakan sekolah Muhammadiyah pertama di luar Indonesia. Selain itu, MAC sangat diminati khususnya warga muslim yang tinggal di Melbourne, Australia.

Marina Wheeler sebagai perwakilan MAC yang berkunjung ke UMS menjelaskan bahwa mahasiswa dan dosen UMS dapat datang untuk magang dan juga kesempatan mengajar. Hal ini didasari karena banyaknya peminat di tengah terbatasnya sekolah Islam di Australia.

“Nanti setelah masa percobaan kita selesai, Insyaallah setelah ini kita akan ada kerjasama magang bagi mahasiswa UMS. Terutama UMS banyak berpartisipasi dalam berdirinya Muhammadiyah Australia College,” jelas Marina.

Marina juga menyampaikan bahwa kunjungan ke UMS menjadi salah satu tindak lanjut bentuk kerja sama dan pengembangan sekolah Muhammadiyah di Australia. Dia juga berharap dengan adanya kerjasama ini mampu mengembangkan sekolah Muhammadiyah hingga sampai ke kota lainnya di Australia. (Eva/Humas)