You are currently viewing Perkuat Dakwah, Pejuang Masjid UMS Simak Materi Kepemimpinan dan Manajemen Media Sosial

Perkuat Dakwah, Pejuang Masjid UMS Simak Materi Kepemimpinan dan Manajemen Media Sosial

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Pejuang Masjid Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan kegiatan Upgrading 2.0 untuk keberlangsungan kepengurusan. Kegiatan tersebut dilakukan di Masjid Sudalmiyah Rais UMS dan Ruang Seminar Gedung Induk Siti Walidah UMS, pada 16 dan 17 Desember 2023.

Kegiatan upgrading tersebut membawa tema “Dari Masjid Kita Bangkit: Bersama Masjid Bersinergi Membangun Ukhuwah Sebagai Titik Awal Spirit Regenerasi Pejuang Peradaban”.

Acara tersebut turut mengundang Ketua Takmir Masjid UMS yaitu Dr., Muhammad Iksan S.H., M.H., dengan memberikan materi kepemimpinan pada hari pertama, kemudian di hari selanjutnya berfokus pada diskusi setiap departemen dengan pemateri dari anggota pejuang masjid periode sebelumnya dan Razuli, S.Sos., dari Humas UMS.

Koordinator Umum dari Pejuang Masjid UMS, Taqiyyudin menerangkan bahwa tujuan dari dari kegiatan upgrading adalah meningkatkan kepemimpinan daripada Pejuang Masjid UMS.

“Tujuan dari kegiatan upgrading tersebut yaitu untuk meningkatkan pengetahuan internal Pejuang Masjid UMS terkait kepemimpinan dan pengembangan departemen yang ada sehingga kedepannya ilmu yang dapat, bisa diterapkan selama berjalannya Pejuang Masjid UMS,” ungkap Taqi.

Taqi juga mengatakan, materi yang disampaikan oleh Ketua Takmir Masjid UMS terkait kepemimpinan dalam islam di mana dibahas banyak sekali terkait keteladanan yang di contohkan Nabi Muhammad SAW dalam memimpin.

Selain itu, Taqi juga berterima kasih kepada Razuli karena telah bersedia untuk ikut berdiskusi dan memberikan ilmu nya terkait dengan pengelolaan media sosial.

“Harapan dari acara Upgrading 2.0 kali ini, yaitu untuk membuat kepengurusan pejuang masjid dapat menerapkan ilmu yang di berikan untuk membenahi dan menghidupkan Masjid Kampus. Terutama pejuang masjid kedepannya agar dapat menciptakan kepengurusan yang solid dan dapat memberikan pelayanan jamaah yang maksimal,” harapnya.

Pada kesempatan lain, Razuli menyampaikan bahwa kehadirannya dalam agenda Upgrading 2.0 adalah untuk memberikan best practice dari pengelolaan media sosial.

“Jadi Pejuang Masjid UMS kemarin menghubungi Humas untuk mengisi materi terkait dengan pengolahan media sosial atau manajemen media,” jelasnya, Rabu (20/12).

Dia menerangkan, Pejuang Masjid UMS saat ini ingin mengembangkan khususnya di Departemen Medinfo. Mereka ingin mengembangkan lagi bagaimana media sosial yang dikelola oleh Masjid Hj. Sudalmiyah Rais dan Fadlurrahman UMS untuk bisa dikembangkan menjadi media yang lebih kreatif dan menjadi media yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan audiens sekarang.

“Mereka ingin menempatkan media sosial ini sebagai penguatan informasi atau penguatan penyampaian dakwah,” ujar Praktisi Media Sosial itu.

Selain terkait dengan media sosial, lanjutnya membahas materi terkait dengan pengelolaan podcast dan termasuk bagaimana kebutuhan yang diperlukan oleh tim podcast.

Menurutnya, dari Pejuang Masjid UMS, saat ini SDM di tim sudah mencukupi, hanya saja dari Pejuang Masjid UMS ingin mengembangkan kualitasnya. (Maysali/Humas)