You are currently viewing Tim UMS Raih Juara 3 Kategori Lomba Video Terinovatif di Ajang Abdidaya Ormawa Tahun 2023

Tim UMS Raih Juara 3 Kategori Lomba Video Terinovatif di Ajang Abdidaya Ormawa Tahun 2023

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil membawa pulang Juara 3 Kategori Video Terinovatif. Kegiatan ini diikuti sebanyak 600 tim dari 78 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) se-Indonesia.

Kepala Biro Kemahasiswaan, Ir., Ahmad Kholid Alghofari, ST., MT., menyampaikan ucapan selamat kepada DPM FKIP UMS, atas apresiasi penghargaan Juara 3 di bidang video. Memang kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tim UMS telah dipercaya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Sekali lagi, segenap tim diharapkan kegiatan ini menjadi ajang untuk meningkatkan soft skill peserta. Kemarin luar biasa, pola pikir yang mereka miliki bisa dikomunikasikan dengan baik kepada mitra, sehingga menjadi program yang bermanfaat dan menjadi nilai tambah,” ujar Kholid.

Ke depan, tambahnya, tidak hanya DPM FKIP ini saja namun akan semakin banyak Ormawa UMS sampai ke ajang Abdidaya, mendapatkan pendanaan terlebih dahulu di mitra-mitra yang sudah menjadi tempat kolaborasi. UMS juga akan terus support masing-masing Ormawa yang lolos didanai, mulai dari sistem, pendanaan dan benefit yang lain.

“Semoga bisa lebih banyak lagi memberi kontribusi ke masyarakat, dan membuktikan bahwa UMS sebagai kampus yang Unggul, Mencerahkan, dan Mendunia,” tegas Kabiro Kemahasiswaan UMS itu Minggu, (10/12).

Hal ini diperkuat oleh Kabag Penalaran, Kreativitas dan Softskill, Ir., Muhammad Alfatih, ST., MT., yang mengungkapkan pada tim Abdidaya ini, proses penggemblengan dimulai sejak proses visitasi dari Kemdikbud, pada pertengahan bulan November.

“Semua pihak menyiapkan dengan maksimal, termasuk pendampingan di desa mitra. Selanjutnya tim juga harus menyiapkan poster dan video. Hasil desain poster dan video yang dibuat selanjutnya diberikan masukan perbaikan supaya maksimal baik oleh dosen pendamping dan Kemahasiswaan,” papar Kabag Penalaran, Kreativitas dan Softskill Biro Kemahasiswaan UMS itu.

Pada Ajang Abdidaya Ormawa 2023, UMS mendapatkan nominasi terbaik 3 video terinformatif, dengan mengangkat tema Digitalisasi Desa Wisata Samiran Boyolali.

“Capaian atas Ormawa diharapkan mampu menginspirasi Ormawa UMS agar pada periode mendatang semakin banyak tim yang mampu berprestasi dan mengabdi untuk negeri dalam Program Penguatan Kapasitas Ormawa,” tegas Dosen UMS itu.

Dalam kesempatan yang berbeda, Ketua Tim Pelaksana, Nisatul Nur ‘Aini, menyampaikan bahwa lomba Abdidaya ini merupakan ajang tertinggi atau puncak acara dari PPK Ormawa, yang sudah berjalan dari 5-6 bulan kemarin.

“Alhamdulillah pada perlombaaan ini, UMS berhasil membawa pulang Juara 3, setelah di tahun sebelumnya belum bisa mengikuti Abdidaya,” ungkap Ketua Tim itu saat diwawancarai.

Mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Informatika (PTI) UMS itu mengungkapkan sangat menikmati perlombaan, walaupun dirinya merasa lelah, tetapi terkalahkan dengan rasa senang karena bisa membawa UMS ke ajang Abdidaya di tingkat nasional. Selain itu, Nisa senang karena dapat menambah relasi dengan tim yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia, sehingga bisa sharing-sharing terkait program dan budaya di sana.

“Harapan diperoleh kejuaraan ini, menambah daya juang di anggota tim sendiri. Selain itu, dapat memberikan inspirasi dan motivasi mendongkrak Ormawa di UMS supaya lebih aktif dan semangat lagi dalam mengikuti lomba PPK Ormawa. Semoga Tim dari UMS, di tahun depan banyak yang didanai lolos Abdidaya, dan lebih banyak juara dan membawa pulang medali,” kata Mahasiswa UMS itu.

Dalam hal ini, kampus mensupport dengan sangat luar biasa, lanjut Nisa, dari awal pengumuman lolos, hingga perlombaan di Universitas Jember ini. Dukungan tersebut mulai dari tenaga maupun finansial yang dibiayai penuh oleh UMS. (Fika/Humas)