Inspiratif! Mahasiswa UMS Bentuk Komunitas Menulis dan Membaca

KABARMUH.ID, Surakarta – Sekumpulan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membentuk komunitas menulis dan membaca yang diberi nama “Literasik Solo” pada 16 Januari 2024. Pembentukan komunitas ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan literasi di kalangan anak-anak, remaja, bahkan sampai lansia. Bukan hanya membaca melainkan juga menulis artikel, cerita, cerpen, dan bahkan teks khutbah.

Sekumpulan Mahasiswa UMS tersebut ialah Hanif Syairafi, Fadhilah, Fauzan, Zulfa dan Fadhia. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam tersebut menginisiasi terbentuknya komunitas Literasik Solo, berangkat dari keresahan yang sama akan kurangnya daya literasi baik dari kalangan mahasiswa dan masyarakat.

Pembentukan Komunitas Literasik Solo ini menjadi langkah awal para mahasiswa untuk membantu meningkatkan minat membaca terkhusus di kalangan masyarakat. Selain itu, Literasik Solo juga menggandeng Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Karanganyar guna memperoleh informasi terkait literasi di kalangan masyarakat.

Ibu Alfiah selaku Ketua FTBM Karanganyar memberikan apresiasi dan dukungan bahwa komunitas ini merupakan wujud nyata dari komitmen mereka untuk membangun generasi muda dan masyarakat yang literat dan berdaya saing.

“Literasik Solo hadir sebagai platform bagi anak muda dan masyarakat untuk mengeksplorasi kemampuan menulis dan membaca mereka. Dengan komunitas ini, kami ingin menciptakan ruang yang asik untuk belajar, berbagi, dan berkarya,” Ketua FTBM Karanganyar menyampaikan apresiasinya.

Kegiatan yang akan dilaksanakan Komunitas Literasik Solo mencakup lokakarya penulisan kreatif, diskusi buku, sesi membaca bersama, lomba menulis, serta menerbitkan buku. Semua kegiatan tersebut dirancang untuk mengasah keterampilan literasi anggota sekaligus memupuk minat generasi muda dan masyarakat terhadap dunia literasi.

Ketua Umum Literasik Solo, Hanif Syairafi menjelaskan bahwa komunitas ini terbuka untuk semua kalangan muda yang memiliki minat dalam menulis dan membaca.

“Kami ingin mengajak sebanyak mungkin anak muda dan masyarakat untuk bergabung. Literasik Solo adalah tempat untuk berkreasi dan mengembangkan diri,” ujarnya.

Para pengunjung yang menghadiri pembentukan ini pun ikut memberikan selamat atas terbentuknya komunitas ini. Mereka juga siap untuk membantu meramaikan berbagai kegiatan yang telah direncanakan oleh Literasik Solo.

Salah satu pengunjung, Riyan mengungkapkan harapannya bahwa komunitas ini akan menjadi wadah inspiratif bagi banyak anak muda khususnya di Surakarta.

“Ini adalah inisiatif yang luar biasa. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan Literasik Solo dan berharap bisa belajar banyak serta berbagi pengalaman dengan teman-teman lainnya,” kata Riyan.

Dengan dibentuknya komunitas Literasik Solo, harapannya dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya meningkatkan literasi di kalangan generasi muda dan masyarakat. Mereka percaya bahwa dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Literasik Solo akan menjadi motor penggerak dalam membangun budaya literasi yang kuat terlebih di Surakarta.

Sumber: https://kabarmuh.id/inspiratif-mahasiswa-ums-bentuk-komunitas-menulis-dan-membaca/