Tingkatkan Branding Ormawa! Fakultas Teknik UMS Gelar Workshop Penulisan Berita dan Pengelolaan Media Sosial

ums.ac.id, SURAKARTA – Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar kegiatan Workshop Branding & Revitalisasi Media Sosial, yang berlangsung di Ruang Sidang Fakultas Teknik UMS, Selasa, (6/8).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari setiap Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang ada di Fakultas Teknik UMS. Tujuan dari diadakannya workshop tersebut ialah untuk membantu mahasiswa atau aktivis dari setiap ormawa di Fakultas Teknik UMS dalam membuat berita yang baik dan benar.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik (FT) UMS, Dr. Ir. Indah Pratiwi, ST., MT., IPM., dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan Fakultas Teknik UMS mengadakan kegiatan workshop mengenai penulisan berita adalah karena banyaknya aktivitas di Fakultas Teknik UMS baik aktivitas organisasi ataupun aktivitas hobi yang kemudian seharusnya bisa dibuat menjadi berita yang dipublikasikan dan menjadi konsumsi publik.

“Acara ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama membahas tentang bagaimana cara menulis berita yang dilaksanakan pada hari Selasa, (6/8), kemudian untuk sesi kedua berkaitan dengan media sosial akan dilaksanakan pada hari Rabu, (7/8),” kata Nur Aklis.

Pembicara pada workshop tersebut, Fika Annisa Sholihah, S.Ars., M.Arch., sekaligus Staff Humas UMS, dalam paparan materinya menyampaikan bahwa menulis berita tidak hanya bisa dilakukan oleh mahasiswa dari rumpun Ilmu Komunikasi saja melainkan mampu dilakukan oleh semua orang termasuk mahasiswa dari Fakultas Teknik.

Sehingga, lanjutnya, diharapkan mahasiswa dari Fakultas Teknik UMS mampu mengekspos kegiatan mereka melalui penulisan berita yang baik dan menarik sebagai upaya branding organisasi maupun kampus.

“Menulis berita itu mudah dan tidak sesulit yang dikira, yang penting mau mencoba,” ungkap alumni Fakultas Teknik UMS itu.

Fika juga menjelaskan bahwa UMS mampu menampung berita yang ditulis oleh mahasiswa yang ingin dipublikasikan baik di internal maupun eksternal kampus dengan melalui koneksi media afiliasi UMS. Terkait proses pengiriman berita dapat dilakukan melalui contact person ke tim bagian pemberitaan Humas UMS.

Salah satu peserta workshop, Arya, menyebutkan bahwa dia telah mendapatkan ilmu baru atau life hack dalam pengumpulan sumber berita yaitu dengan menggunakan fitur subtitles otomatis dari aplikasi CapCut untuk mempermudah penulisan naskah berita. (Dewi/Yusuf/Humas)