Tampil Berbeda, Expo UKM UMS 2024 Sajikan Drama Kolosal

ums.ac.id, SOLO – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tampil berbeda pada gelaran Expo UKM 2024 yang digelar di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Senin (26/8).

Pada tahun ini, 28 UKM tingkat universitas saling berkolaborasi dalam mengenalkan organisasi mereka yang terangkai dalam drama kolosal. Pada drama kolosal ini, pengurus organisasi ini memerankan dan menceritakan drama yang cukup dekat dengan organisasinya.

Ketua Tim Acara dan Kreatif Drs. Iswahyudi Tejo Yuwono, M.Sn., menyampaikan bahwa pada Expo kali ini, tim mencoba untuk dapat merangkai 28 UKM dalam satu kesatuan cerita yang dapat menggambarkan mengenai UKM mereka.

“Nah ini kita gabungkan dengan kita sambungkan keadaan Muhammadiyah, kita merangkainya mulai dari Muhammadiyah, nah ini sebenarnya itu. Terus yang ke-2 sebenarnya untuk mempersatukan teman-teman. UKM ini kan terdiri dari banyak UKM, ada 28, nah ini mereka harus bisa bergabung, bisa berkarya bersama menjadi satu kesatuan meskipun secara tampilan mereka memang sendiri sendirian,” ungkap Iswahyudi atau yang akrab disapa Uud.

Beberapa UKM juga melakukan kolaborasi untuk tampil bersama seperti UKM Arrasail dan LPM Pabelan.

Drama kolosal ini diawali dengan pemeran Ahmad Dahlan yang kemudian para muridnya ingin belajar lagi tetapi ditentang oleh masyarakat terkait sistem belajar sekolah yang digagas oleh Ahmad Dahlan.

Tokoh-tokoh Muhammadiyah dan Organisasi Otonom juga diceritakan pada alur drama tersebut. Tidak lupa, pembacaan naskah proklamasi yang diikuti dengan membentangnya Sang Merah Putih di tengah mahasiswa.

Selanjutnya saat Jenderal Soedirman gugur yang diperankan oleh Hizbul Wathan, UKM Voca Al Kindi menyanyikan lagu Gugur Bunga.

“Menurut saya ini menjadi kolaborasi yang harus kita pupuk ya, supaya nanti kedepannya kita bikin sesuatu yang berbeda lagi dengan ide dan konsep yang berbeda. Ini loh UKM UMS, bukan lagi ini loh Taekwondo,” tekan Uud.

Dia berkeinginan agar pengurus UKM nanti dapat mencari ide dan konsep baru dengan tetap dibantu olehnya. (Maysali/Humas)