Fakultas Geografi UMS Perkuat Kerjasama Dengan Faculty of Ocean Science and Technology, Kobe University

ums.ac.id, SOLO – Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berkunjung ke Kobe University setelah menerima undangan dari Faculty of Ocean Science and Technology, Kobe University. Pada kunjungan ini, kedua belah pihak berdiskusi untuk memperkuat kolaborasi akademik di berbagai bidang.

Kerja sama ini sebelumnya telah terjalin sejak tahun 2019, hanya saja pada kali ini kerja sama tersebut diperkuat dengan adanya kemungkinan untuk dilakukannya kelas kolaboratif (collaborative courses).

“Kita sudah menjalin hubungan cukup lama dengan Kobe, ini adalah dalam rangka untuk menjajaki kemungkinan international collaborative courses. Jadi nanti akan ada kuliah yang diajar oleh dosen Kobe dan dosen Fakultas Geografi UMS akan sama-sama mengajar di beberapa mata kuliah dan sampai ke credit point, sampai ke muncul nilai,” terang Dr. Aditya Saputra, S.Si., M.Sc., saat diwawancarai melalui zoom meeting, Jumat (6/9).

Wakil Dekan I Fakultas Geografi itu menerangkan bahwa sebelumnya, jalinan kerja sama hanya sebatas penyampaian materi. Sedangkan setelah adanya kerja sama yang baru disepakati akan ada pembuatan materi bersama sekaligus adanya pengakuan nilai kredit ketika mahasiswa mengambil kelas tersebut. Selain itu, kerja sama ini juga menyasar pada pertukaran dosen.

Aditya menyampaikan bahwa pihak Kobe University terbuka untuk adanya kolaborasi-kolaborasi dengan fakultas lain, karena pada Faculty of Ocean Science and Technology, Kobe University memiliki beberapa prodi juga seperti kelautan dan teknik kelautan. Pihak dari Kobe University juga mendukung rencana dari Fakultas Geografi UMS yang dalam beberapa tahun ke depan akan mendirikan program Magister dan Doktor.

Selain adanya joint lecturer, ke depan kerja sama ini memproyeksikan untuk terlaksananya pertukaran mahasiswa baik mahasiswa UMS berkunjung ke Kobe maupun dari Kobe merasakan perkuliahan di UMS.

Kunjungan yang dilakukan pada Kamis (5/9) itu dari UMS dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Geografi Dr. Aditya Saputra, S.Si., M.Sc., Unit Penjamin Mutu Fakultas Geografi Danardono, S.Si, M.Sc., sedangkan dari Kobe University dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan I Faculty of Ocean Science and Technology, dan Prof. Gomez.

Pada saat kunjungan, pihak UMS juga diajak untuk berkunjung ke 砂防 Laboratory di University Kobe. Fokus utama dari kunjungan tersebut adalah kerjasama dalam penelitian terkait microplastics, ilmu geosciences, serta pendidikan internasional.

“Dengan semakin meningkatnya perhatian global terhadap polusi mikroplastik dan dampaknya terhadap lingkungan, kolaborasi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, kerjasama di bidang geosciences juga menjadi bagian penting dari agenda, dengan harapan mampu memperluas wawasan dan aplikasi ilmu kebumian dalam konteks global,” terang Aditya.

Aditya juga merasa senang dengan terjalinnya kerja sama ini yang sebelumnya menurutnya hanya sebatas kenal, sekarang lebih formal dan dapat menjajaki lebih luas lagi. Melalui kerja sama ini, harapannya jumlah dosen asing dan mahasiswa asing yang belajar di luar prodi ataupun universitas di luar negeri bisa bertambah dan menambah kekuatan dan kualitas dari Fakultas Geografi UMS. (Maysali/Humas)