Perkuat Ukhuwah Antar Mahasiswa, HMP IQT FAI UMS Gelar Makrab

ums.ac.id, SURAKARTA – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan kegiatan Malam Keakraban (Makrab) pada Sabtu-Ahad, 7-8 September 2024 yang bertempat di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dengan mengusung tema “Tumbuhkan Persahabatan Eratkan dengan Malam Keakraban”.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Bidang Kaderisasi yang diadakan sekali dalam setahun. Tujuan diadakannya makrab ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi dan membangun rasa persaudaraan yang kuat di antara seluruh Mahasiswa IQT UMS.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan seru dan inspiratif yang dirancang untuk menumbuhkan keakraban, meningkatkan komunikasi, dan membangun identitas bersama. Adapun kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa baru sejumlah 30 peserta dan 30 panitia dengan jumlah keseluruhan 60 orang.

Acara ini dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Barrel Putra Indra Wijaya, selaku Ketua Panitia Makrab kemudian dilanjutkan oleh Fathimah Khoirun Nisa, selaku Bendahara Umum HMP IQT FAI UMS yang mewakili Ketua Umum HMP IQT FAI UMS yang berhalangan hadir.

Fathimah menyampaikan bahwa acara makrab ini bukan hanya sekedar perkenalan, tetapi juga merupakan momentum yang penting untuk membangun hubungan yang erat antara mahasiswa baru dengan senior, dosen, serta seluruh civitas akademika.

“Sebagai senior maupun dosen, siap mendampingi dan membantu dalam proses adaptasi ini. Jangan ragu untuk bertanya, berinteraksi, dan menggali informasi yang diperlukan. Karena kita adalah bagian dari keluarga dan komunitas yang saling mendukung,” ungkapnya Selasa, (17/9).

Kemudian dilanjutkan dengan acara perkenalan HMP IQT FAI UMS, di mana tiap bidang yang ada di HMP IQT FAI UMS mempresentasikan apa saja program kerja yang dilaksanakan selama satu periode. Rangkaian perkenalan ini berlangsung hingga menjelang waktu Ashar.

Dalam kesempatan makrab tersebut, peserta mengikuti sesi bedah ayat yang dipandu oleh Muhammad Fikri Azka, selaku anggota Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan (RPK) sampai waktu Isya yang selanjutnya dilanjutkan dengan sholat Isya dan makan malam kemudian penampilan pensi.

Fathimah menyampaikan bahwa acara ini berjalan sangat seru dan menarik, karena pensi ini menunjukkan kreativitas dan kerjasama tiap kelompok. Di antara penampilan yang ditampilkan adalah drama musikal, puisi, dan penampilan jenis lainnya. Kemudian pensi ditutup dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan istirahat malam.

Hari kedua setelah sholat Tahajud dan Subuh berjamaah, peserta melakukan senam bersama, sarapan, dan game seperti estafet ayat, estafet tebak gaya, bola seimbang, adu suit lompat kardus, dan lempar air. (Fika/Humas)