You are currently viewing Fakultas Psikologi UMS: Satu-satunya Fakultas Psikologi PTS Berakreditasi A di Jawa Tengah

Fakultas Psikologi UMS: Satu-satunya Fakultas Psikologi PTS Berakreditasi A di Jawa Tengah

  • Post author:
  • Post category:Berita

Belum lama ini Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Surat Keputusan berkaitan Akreditasi A, secara resmi yang dikeluarkan oleh BAN-PT tertanggal 4 Agustus 2017.

“Sebetulnya akreditasi berlaku sejak tanggal 20 Desember 2016. Tetapi kami menyatakan banding lantaran pointnya kurang sedikit dari passinggradenya akreditasi. Maka bulan Juni 2017 kami banding,” ungkap Dekan Fakultas Psikologi UMS, Dr. Moordiningsih, MSi.

Akreditasi A yang disandang oleh Fakultas Psikologi UMS, menurut Moordiningsih, kendati dikeluarkan oleh BAN-PT tertanggal 4 Agustus 2017 namun masa berlaku tetap mulai tahun 2016 hingga tahun 2021.

Moordiningsih mengungkapkan, berakreditasi A, Fakultas Psikologi UMS memiliki berbagai fasilitas, antara lain, sarana perkuliahan, laboratorium praktikum, laboratorium pendukung, kegiatan akademik termasuk penelitian dan pengabdian masyarakat baik dosen dan mahasiswa serta pencapaian misi visi fakultas. “Branding Fakultas Psikologi UMS adalah Kampus dengan pengembangan Psikologi Islam dan Psikologi Irigenius,” ungkap Dekan Fakultas Psikologi UMS.

Menurut Moordiningsih, Fakultas Psikologi UMS merupakan satu-satunya fakultas Perguruan Tinggi Swasta berakreditasi A di Jawa Tengah, termasuk 15 fakultas di Indonesia.

Moordiningsih mengatakan, Fakultas Psikologi UMS berakreditasi A yang membedakan dengan fakultas yang sama perguruan tinggi lain, terutama menyangkut tujuh standar yang dinilai. Seperti visi misi yang tercapai, tata kelola manajerial, kemahasiswaan dalam hal meraih prestasi baik akademik maupun non akademik, system pelayanan akademik, juga sumber daya manusia seperti berapa doctor yang dimiliki dan berapa master. “Fakultas Psikologi UMS memiliki 9 doktor, 3 kandidat doctor, 17 master,” ungkap Dekan Fakultas Psikologi UMS.

Setelah meraih A, menurut Moordiningsih, visi misi Fakultas Psikologi UMS supaya lebih dikenali baik secara internal maupun eksternal. “Terutama branding kita dibanding yang lain,” ujarnya.

Selain itu, katanya lagi, meningkatkan kompetensi dan kualitas dosen maupun mahasiswa agar mengarah ke visi misi. “Kalau soal prasarana dan sarana sudah disupport Universitas. Tetapi untuk meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa kita support dari Fakultas,” ungkapnya.

Lebih lanjut Moordiningsih mengatakan, Fakultas Psikologi UMS mencanangkan menjadi pusat pendidikan Islami tetapi khususnya Psikologi Islam dan Irigenius. Maksudkan Psikologi Islam yang mengakomodasi kearifan local dalam memahami manusia. (Eko/Ahmad)