You are currently viewing Bahas Hidup Sehat dan Bugar dalam Pandangan Islam, Prodi POR UMS Gelar Kuliah Umum

Bahas Hidup Sehat dan Bugar dalam Pandangan Islam, Prodi POR UMS Gelar Kuliah Umum

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Program Studi Pendidikan Olahraga (POR) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema ‘Holistic Wellness: Kesehatan dan Olahraga dalam kajian Holistik’, yang dilaksanakan pada Senin (8/1), di Ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus II UMS.

Dalam materinya, Guru Besar Bidang Kedokteran, Prof., dr., Dr., Em Sutrisna, M.Kes., membahas materi tentang hidup sehat dan bugar dalam pandangan Islam.

Menurut Health Organization (WHO), sehat adalah keadaan sejahtera secara fisik, mental dan sosial bukan hanya sekedar tidak adanya penyakit maupun cacat.

“Kemudian kesehatan ini juga diriwayatkan oleh At-Tirmidzi bahwa Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa bangun di pagi hari dengan badan sehat dan jiwa yang sehat pula, dan rezekinya dijamin, maka dia seperti orang yang memiliki dunia seluruhnya,” ungkap Wakil Rektor Bidang IV UMS itu.

Nabi SAW juga bersabda, lanjutnya, ada dua anugerah yang karenanya banyak manusia tertipu, yaitu kesehatan yang baik dan waktu luang (HR. Bukhari).

“Terdapat pula hadist yang mengungkapkan bahwa mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah SWT. Namun, tidak hanya sehat secara fisik saja tetapi kita perlu memperhatikan pula kesehatan mental dan spiritual,” tegasnya.

Menurutnya, apabila secara fisik badan manusia sehat, maka sebagai seorang manusia dapat melakukan ibadah dengan maksimal.

“Hal ini juga diperkuat oleh Qs. Al Qasas 26 bahwa orang yang paling baik untuk bekerja adalah orang yang kuat lagi di percaya,” tambah Em Sutrisna.

Narasumber kedua, Dr., dr., Burhannudin Lehsam, M.Med., Ed., lebih membahas tentang perilaku yang kurang aktif. Perliaku kurang aktif tampaknya sederhana, namun memiliki dampak yang panjang, sehingga bisa menyebabkan penyakit jantung, diabetes mellitus, kematian dini, obesitas dan itu sudah terbukti dari penelitian-penelitian.

“Oleh karena itu, menurut saya ini materi yang sangat menarik dan semoga itu bisa diamalkan oleh peserta. Itu baru satu variabel, variabel lain seperti variabel makanan juga perlu diperhatikan, seperti menjaga makanan dengan menu yang seimbang,” paparnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa yang menarik pada POR UMS ini ada berfokus pada tiga hal, olahraga prestasi, olahraga rekreasi, dan olahraga kesehatan. Olahraga kesehatan ini menjadi sangat penting, karena dengan sehat bisa beramal dan bisa lebih kuat.

Kegiatan ini berjalan lancar dengan di pandu oleh moderator Agam Akhmad Syaukani, S.Si., M.Ed, dengan menghadirkan narasumber Prof., Wang Mei dari Wuhan Sport University, Prof., dr., Dr., Em Sutrisna, M.Kes dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Dr., dr., Burhannudin Lehsam, M.Med., Ed., dari Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Fika/Humas)