You are currently viewing Mencerahkan! UMS Berikan Potongan Dana Pengembangan Hingga Maret

Mencerahkan! UMS Berikan Potongan Dana Pengembangan Hingga Maret

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) semakin mendapatkan perhatian dari para siswa yang ingin meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Per Sabtu, (13/1) pukul 13.18 WIB, jumlah pendaftar di UMS telah mencapai 3.630 pendaftar, dan yang mencapai tahap registrasi sebanyak 489.

Saat ini, UMS membuka dua jalur penerimaan yaitu melalui jalur rapor dan jalur tes atau Computer Based Test. Beberapa hal perlu diperhatikan sebelum mendaftarkan diri pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMS.

“Untuk jalur rapor, otomatis mempersiapkan rapor nya terlebih dahulu dari semester 1-5. Khusus untuk jalur CBT, dipersiapkan untuk akunnya. Pendaftaran akun terlebjh dahulu dan reservasi dari rumah,” ungkap Khilyatin Ulin Fitri, S.Kom, Staff Admisi PMB UMS saat diwawancarai Minggu, (14/1).

Dia juga menyampaikan, untuk jalur rapor dapat ditunjang dengan melampirkan sertifikat kejuaraan baik di bidang akademik maupun non akademik dengan minimal kejuaraan di tingkat kabupaten.

Pada jalur CBT, terdapat tiga jenis rumpun soal yang dapat dipilih berdasarkan prodi tujuan, yaitu IPA, IPS, dan IPA Kedokteran.

“Perbedaan antara jenis soal IPA dan IPA Kedokteran itu terletak pada tingkat kesulitannya. Jadi kalau khusus FK dan FKG, wajib memilih IPA Kedokteran,” terang Ulin.

Akan tetapi, jika nilai yang didapatkan tidak lolos di FK ataupun FKG, dan memenuhi nilai untuk prodi lain misalnya Farmasi, Teknik, atau Prodi yang terdapat di Fakultas Ilmu Kesehatan, maka dapat diklaim untuk registrasi di prodi tersebut.

Calon mahasiswa juga dapat mempersiapkan diri atau melakukan beberapa strategi dengan belajar dan memperhatikan kuota kursi yang disediakan oleh prodi, sehingga bisa mendapatkan prodi impiannya.

“Persiapkan diri terlebih dahulu, tidak langsung tanpa ada persiapan nanti malah jadinya kesempatan yang sudah diambil jadi sia-sia,” pesan Staf Admisi PMB itu.

Ulin juga mengatakan bahwa, tidak jarang juga calon mahasiswa menanyakan mengenai perubahan passing grade untuk prodi yang mereka inginkan.

“Kenaikan itu bisa jadi pengaruh kuota yang semakin menipis. Per kemarin hari Selasa ada dua Prodi yang mulai naik,” katanya.

Dua prodi tersebut adalah Prodi Farmasi dan Psikologi. Untuk Farmasi sendiri saat ini kuota sudah terisi sebanyak 30% dan Psikologi 15%.

Selain itu, UMS saat ini juga menawarkan potongan biaya Dana Pengembangan sebesar 10% yang akan berakhir pada 3 Februari 2024. Selanjutnya dimulai pada 5 Februari-4 Maret, UMS akan memberikan ptongan biaya Dana Pengembangan sebesar 5%.

Berikut alur lengkap Pendaftaran CBT RESERVASI di UMS
1. Membuat akun di laman https://ods.ums.ac.id/ dan memilih Jalur Reguler (CBT Reservasi)
2. Setelah berhasil membuat akunnya, silakan login di laman https://ods.ums.ac.id/login/
3. Melakukan pembayaran pendaftaran Rp 400.000
4. Melengkapi data dan berkas
5. Melakukan Reservasi Tes dan mengisikan Deklarasi Sehat pada *Menu Reservasi Tes* dengan memilih jenis rumpun soal, jadwal dan sesi tesnya.
6. Cetak Mandiri Kartu Ujian beserta Surat Deklarasi Sehat (terdiri 2 halaman)
7. Datang ke UMS sesuai jadwal yang dipilih dengan membawa,
a. Kartu Ujian & Surat Deklarasi Sehat
b. [ASLI] KTP/Kartu Pelajar/Kartu Identitas Lainnya (tertera NIK)
c. [ASLI] Surat Keterangan Sehat Fisik (meliputi tinggi badan, berat badan dan keterangan buta warna) – *bagi prodi yang mensyaratkan*
d. [ASLI] Surat Keterangan Sehat Jiwa (MMPI 2 beserta lampirannya) yang dikeluarkan oleh dokter bergelar Sp.KJ dari RSUD/RSJD/RS Swasta – khusus prodi Pendidikan Kedokteran dan Kedokteran Gigi. (Maysali/Humas)