You are currently viewing UMS Kukuhkan Prof. Sarjito jadi Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Mesin

UMS Kukuhkan Prof. Sarjito jadi Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Mesin

  • Post author:
  • Post category:Berita

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengukuhkan Prof. Ir. Sarjito, M.T., Ph.D., IPM menjadi guru besar bidang ilmu Teknik Mesin Fakultas Teknik UMS pada Sabtu (8/2/2020). Upacara Pengukuhan Guru Besar tersebut dilakukan di Gedung Auditorium Moh. Djazman UMS. Sarjito menyampaikan pidato pengukuhannya dengan judul ‘Peran Komputasi dan Simulasi Numerik Untuk Peningkatan Efisiensi Dalam Pemanfaatan Energi’.

Sarjito menjelaskan tema pemanfaatan energi alternatif. Menurutnya, Energi adalah sumber vital bagi keberlangsungan makhluk hidup. “Energi dalam sistim thermodinamika terdiri dari dua macam, yaitu energi tersimpan dalam zat (Energi Stored) dan energi in transit (Work and heat),” jelasnya.

Kelangkaan energi menurutnya, menjadi kekhawatiran semua negara, maka negara dibutuhkan untuk mampu memanfaatkan teknologi guna meminimalisir pemborosan energi. “Kita minimalisir pemborosan energi dengan menciptakan energi-energi alternatif,” lanjut Sarjito.

Konsep ini sudah sejalan dengan program pemerintah. Beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia telah melaunching Bio-Diesel (B-30) yaitu 30% dari tanaman, 70% bersumber dari fosil. “Nanti lambat laun bahan bakar itu akan diganti dengan Biodiesel dari tanaman, seperti kelapa sawit, jagung, terus kemudian sekam-sekam padi itu bisa dibuat jadi etanol. Biar agak memperlambat kelangkaan energi,” ujar Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sistem Informasi UMS ini.

Selanjutnya Sarjito akan meneruskan riset-riset yang sebelumnya telah ia lakukan. “Insya Allah seperti pengabdian masyarakat, riset bersama teman-teman dosen yang sebidang dengan saya akan kami teruskan,” pungkasnya.

Sementara Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si. mengatakan Sarjito merupakan guru besar ke-29. “Dan sebentar lagi dalam waktu dekat, UMS akan mengukuhkan dua guru besar lagi dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik. UMS terus bergerak berkemajuan untuk menyediakan SDM-SDM perguruan tinggi yang unggul,” ujar Sofyan Anif.

Kemudian Sofyan Anif berharap, dengan dikukuhkannya Sarjito sebagai guru besar Teknik Mesin bisa menambah kekuatan sumber daya manusia di UMS. “Penguatan SDM UMS dilakukan dalam rangka mewujudkan UMS menjadi World Class University,” ungkap Rektor UMS.

Pada pengukuhan kali ini disaksikan oleh sejumlah tokoh, guru dan teman sebaya Sarjito saat sekolah. Tak lupa keluarga besar, turut mengiring rasa kebahagiaan Sarjito saat menerima Surat Keputusan Penetapan Guru Besarnya dari Kemendikbud RI melalui kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah. (Risqi/Humas)