You are currently viewing UMS Tutup Sementara Pendaftaran Jalur Rapot Prodi Kedokteran & Kedokteran Gigi

UMS Tutup Sementara Pendaftaran Jalur Rapot Prodi Kedokteran & Kedokteran Gigi

Solopos.com, SOLO — Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menutup sementara pendaftaran melalui jalur rapot untuk Program Studi (Prodi) favorit, Prodi Kedokteran dan Prodi Kedokteran Gigi.

Penutupan jalur rapot untuk ke dua prodi bergengsi tersebut telah dilakukan sejak Senin (13/2/2023), sehingga para calon mahasiswa yang ingin masuk ke prodi tersebut diharuskan mengikuti jalur tes atau Computer Based Test (CBT).

“Pendaftaran mulai Senin lalu untuk Pendidikan Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi untuk jalur rapot, sementara ditutup. Dan yang mau masuk Kedokteran ataupun Kedokteran Gigi berarti harus melalui jalur CBT,” jelas Ketua PMB UMS, Dr. Triyono, M.Si Selasa (14/2/2023) dalam keterangan tertulis.

Meskipun jalur rapot telah ditutup, Triyono menjelaskan ada kemungkinan penerimaan melalui jalur rapot untuk prodi favorit itu akan dibuka lagi jika ada mahasiswa yang mengundurkan diri.

Selain prodi Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi, prodi Farmasi, Psikologi, Teknik Informatika, Ahli Gizi, Fisioterapi, dan Ilmu Komunikasi juga menjadi favorit dari para calon mahasiswa UMS.

Hingga 14 Februari 2023, calon mahasiswa yang mendaftar telah mencapai 5.447, dan yang telah dinyatakan lolos sebanyak 1.560. Sedangkan sebanyak 1.171 calon mahasiswa telah melakukan registrasi. Menurut Triyono, jumlah tersebut mengalami kenaikan secara real time dibandingkan dengan 2022.

“Dari sisi pendaftar, ada tren kenaikan termasuk juga yang registrasi dibandingkan tahun sebelumnya dalam waktu dan jam yang sama,” jelasnya.

PMB UMS, lanjut dia, juga melayani pengadaan tes daerah, jika ada permintaan dari daerah untuk menyelenggarakan tes tersebut. Nantinya Tim One Day Service (ODS) akan dikirimkan ke daerah.

Saat ini, jalur beasiswa untuk calon mahasiswa juga telah dibuka, dengan mendaftarkan sekolahnya terlebih dahulu selanjutnya mendaftarkan akun calon mahasiswa penerima beasiswa, seperti yang tertera pada pmb.ums.ac.id.

Sumber : https://www.solopos.com/ums-tutup-sementara-pendaftaran-jalur-rapot-prodi-kedokteran-kedokteran-gigi-1551506?utm_source=sidebar_desktop