You are currently viewing Informasi Beasiswa Pascasarjana Fakultas Teknik 2024 Sudah Dibuka, Simak Ketentuannya!

Informasi Beasiswa Pascasarjana Fakultas Teknik 2024 Sudah Dibuka, Simak Ketentuannya!

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka Program Beasiswa Pascasarjana SKIM Hibah Integrasi Tridharma (HIT) periode submit berkas 31 Januari – 9 Februari 2024.

Wakil Dekan 4 Fakultas Teknik yang membawahi bidang Pascasarjana, Dr., Ir., Nur Akhlis, S.T., menyampaikan bahwa beasiswa ini merupakan program HIT Universitas yang dikelola oleh FT UMS.

“Sehingga dana hibah tersebut kita jadikan program beasiswa. Terdapat tiga Program Studi (Prodi) Magister Teknik Sipil, Magister Teknik Mesin dan Magister Teknik Kimia,” ungkap Nur Akhlis Jumat, (2/2).

Menurutnya, program beasiswa ini pertama kali diberikan FT UMS denhan menggunakan skema hibah dari universitas.

BACA JUGA: Universitas Bani Saleh Lakukan Benchmarking ke UMS

Syarat penerima beasiswa tersebut, lanjutnya, apabila memenuhi kriteria: (1) Saat melamar sebagai penerima beasiswa, usia lulus S1 maksimal 1 tahun (dari tanggal ijazah); (2) Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 dengan masa studi 9 semester (4,5 tahun); (3) Telah mendapatkan rekomendasi dari Dosen Penerima (grantee) HIT; (4) Mengisi formulir pendaftaran, pernyataan minat dan Curriculum Vitae (CV); (5) Dinyatakan lolos seleksi dan bersedia memenuhi aturan beasiswa dibuktikan dengan materai.

“Luaran beasiswa ini yaitu publikasi ilmiah minimal terindeks Scopus Q3 atau Q4. Beasiswa ini juga diharapkan mampu menghidupkan atau menggairahkan kembali riset yang ada di Fakultas Teknik,” tambahnya.

Timeline pendaftaran beasiswa:
Pendaftaran Program: 31 Januari- 9 Februari 2024
Seleksi: 12 Februari 2024
Pengumuman Penerima Beasiswa: 13 Februari 2024.

Informasi lebih lanjut dapat mengakses laman ums.id/InformasiBeasiswa-HIT2024.

“Kuota belum disampaikan, paling tidak nanti antara 10-15 mahasiswa,” pungkasnya. (Fika/Humas)