You are currently viewing UMS Ambil Sumpah 98 Apoteker Muda. Sudah Luluskan 3.273 Apoteker

UMS Ambil Sumpah 98 Apoteker Muda. Sudah Luluskan 3.273 Apoteker

  • Post author:
  • Post category:Berita

Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan acara “Sumpah Apoteker” angkatan ke-34 tahun ajaran 2020/2021, Kamis (1/4/2021). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring dengan peserta 98 orang. Untuk yang hadir secara luring sebanyak 10 orang sebagai wakil dari semua lulusan mengingat kondisi saat ini sehingga harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Kegiatan sumpah apoteker dihadiri oleh Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) yang diwakili oleh Drs. Firwan Firdaus,M.Kes., Pengurus Daerah Sukoharjo Ikatan Apoteker Indonesia apt. Agus Purnomo, S.Farm., MM, Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia, Dekan Fakultas Farmasi UMS Azis Saifudin, Ph.D., Apt. Acara yang berlangsung di Aula Fakultas Farmasi.

Pada Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) periode Februari 2021, Program Studi Profesi Apoteker UMS mengikutsertakan 98 mahasiswa dan dinyatakan lulus 100%. Enam orang mendapat nilai tertinggi sebesar 3,95 atas nama apt. Syafri Barlian Waris S.Farm., apt. Shafira Nurulita Shouma S.Farm., apt. Bayu Angga Ali Saputra Widi Asmara S.Farm., apt. Ririn Edra Depi S.Farm., apt. Nur Isma Rusdiani S.Farm., apt. Faiz Zaky Nasirudin S.Farm.

Sofyan Anif bercerita bahwa belum lama ini Program Studi Pendidikan Farmasi terakreditasi “Adequate as Expected” dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) . Ia juga berharap apoteker baru bisa segera bekerja dan menjalankan sumpah yang di ambil sebagai tenaga medis.

“Kemarin baru saja prodi farmasi telah terakreditasi Adequate as Expected pada ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) bersama dengan 2 prodi lain dan saya berharap untuk lulusan terus dapat bekerja dengan berfikir dinamis dan pantang menyerah dalam menjalankan pekerjaan sesuai dengan sumpah yang diambil,” terangnya dalam sambutan acara “Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker” Angkatan ke-34 tahun ajar 2020/2021.

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) yang diwakili oleh apt.Drs. Firwan Firdaus,M.Kes. berpesan agar lulusan farmasi menjalankan 7 poin yaitu menjaga martabat seseorang apoteker, mengedepankan etika profesi apoteker, berkawan dengan baik, mengutamakan kesembuhan dan keselamatan pasien, terus berlajar, tepat waktu dan jangan lupa untuk selalu berdoa baik sebelum dan sesudah bekerja.

“Pertama di manapun bekerja selalu jaga martabat sebagai seorang apoteker, kedua bekerja dengan mengedepankan etika profesi, ketiga selalu menjaga pertemanan antar teman dan apoteker, keempat apoteker adalah profesi di bidang kesehatan maka utamakan kesembuhan dan keselamatan pasien, kelima jangan berhenti belajar pengetahun baru, keenam selalu tepat waktu, ketujuh selalu berdoa sebelum bekerja,” pesan apt.Drs. Firwan Firdaus,M.Kes. saat memberikan sambutan.

Peserta sumpah apoteker apt. Bambang Bagus Suryadi, S.Farm menyampaikan bagaimana kegigihan perjuangan dalam menempuh pendidikan secara daring pada saat perkuliahan.

Berdasarkan SK Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta No: 17/II/2021 tanggal 23 Februari 2021 tentang Mahasiswa yang dinyatakan Lulus Profesi Apoteker Angkatan 34 tahun 2021 sebanyak 98 orang, terdiri dari 15 laki-laki dan 83 perempuan.

Dengan demikian sampai dengan angkatan 34 tahun 2021 ini, Fakultas Farmasi UMS telah meluluskan apoteker sebanyak 3.273 apoteker. Predikat kelulusan mahasiswa angkatan 34 ini lulus Dengan pujian (cumlaude) 68 mahasiswa, sangat memuaskan 28 mahasiswa dan memuaskan 2 mahasiswa. (Brondy/Humas)