You are currently viewing 6 Prodi S1 FT UMS Terakreditasi Unggul, 3 Prodi Raih Akreditasi Internasional

6 Prodi S1 FT UMS Terakreditasi Unggul, 3 Prodi Raih Akreditasi Internasional

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Enam program studi Strata 1 (S1) Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Lebih dari itu, tiga prodi di antaranya yakni Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknik Elektro kini  berhasil mendapatkan akreditasi Internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineeering Education (IABEE).

“Dengan diraihnya akreditasi provisional dari IABEE untuk tiga prodi ini, dan akreditasi unggul prodi teknik kimia dari BAN-PT beberapa waktu lalu, menjadikan Fakultas Teknik UMS terakreditasi unggul untuk akreditasi nasional baik BAN PT dan 100 persen internasional dari IABEE dan AUN-QA, ” kata Dekan Fakultas Teknik, Ir., Rois Fathoni, S.T., M.Sc., Ph.D., Rabu (5/4/2023).

Semenjak IABEE di Indonesia memperoleh pengakuan Washington Accord dan diterima sebagai Signatory Member secara penuh tahun 2022, lanjut Ir., Rois Fathoni, S.T., M.Sc., Ph.D,  Fakultas Teknik UMS mengajukan program studi Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknik Elektro dan mendapatkan Provisional Accreditation (PA).

Langkah yang dilakukan  guna  melengkapi dua prodi Teknik Industri dan Teknik Kimia yang terakreditasi IABEE. Khusus Teknik Industri, sudah full sebagai General Accreditation (GA). Sedangkan program studi Arsitektur mendapat akreditasi internasional dari Asean University Network Quality Assurance (AUN QA).

Dengan capaian yang diraih, akan dilanjutkan  mengikuti akreditasi yang full atau General Accreditation. Pencapaian akreditasi IABEE, semakin meneguhkan posisi Fakultas Teknik di UMS menjadi salah satu elit penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia.

“Apabila kita melihat data di situs  BAN PT, hanya ada kurang dari delapan persen prodi teknik di seluruh Indonesia yang telah terakreditasi Unggul. Dan apabila melihat data di situs resmi IABEE, hingga saat ini baru kurang dari tiga persen prodi yang telah terakreditasi IABEE baik yang general maupun provisional,” bebernya.

Dia menambahkan akreditasi yang diraih  merupakan komitmen pimpinan FT menindaklanjuti, rencana strategis program Rektor Prof., Sofyan Anif, untuk mempertahankan status unggul UMS di tahun 2025. Salah satu persyaratan 25% prodi di UMS harus terakreditasi Internasional.

“Jadi apa yang menjadi fokus FT adalah bagaimana Fakultas Teknik mendukung program rektor, untuk mempertahankan akreditasi universitas akan tetap unggul,” kata Ir., Rois Fathoni.

Masih dalam kesempatan sama Wakil Dekan I Fakultas Teknik, Ir., Muchamad Solikin, S.T, MT,Ph.D. menambahkan, diperolehnya akreditasi Internasional  akan membuka jalan mengembangkan kerjasama Internasional. Dengan akreditasi ini artinya prodi Fakultas Teknik UMS diakui setara dengan program studi yang menerapkan kurikulum Internasional.

“Selain kerjasama, tentu baik dosen maupun mahasiswa dapat berkomunikasi dengan program studi secara Internasional, dengan demikian terbukalah kesempatan kami menjadi masyarakat global,” tambahnya.

Sumber : https://suarabaru.id/2023/04/05/6-prodi-s1-ft-ums-terakreditasi-unggul-3-prodi-raih-akreditasi-internasional