You are currently viewing Ayo Daftar UMS ! PTS Terbaik No. 1 di Jateng versi Scimago 2024

Ayo Daftar UMS ! PTS Terbaik No. 1 di Jateng versi Scimago 2024

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) masuk daftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik nomor 1 di Jawa Tengah versi Scimago Institutions Rankings (SIR) 2024. Hal tersebut semakin mengukuhkan predikatnya sebagai kampus swasta terbaik incaranmu yang Mencerahkan, Unggul, dan Mendunia.

Sebagai calon mahasiswa, mengetahui mana saja kampus swasta terbaik di Indonesia sangat lah penting. Salah satu indikator untuk mengetahui kampus swasta terbaik di Indonesia bisa berdasarkan pemeringkatan SIR.

SIR adalah lembaga pemeringkatan yang menggabungkan tiga indikator yang berbeda, yaitu : (1) Pemeringkatan penelitian mengacu pada volume, dampak, dan kualitas hasil penelitian lembaga, bobot 50 persen; (2) Pemeringkatan inovasi dihitung berdasarkan jumlah permohonan paten suatu institusi dan kutipan yang diterima hasil penelitiannya dari paten, bobot 30 persen; (3) Peringkat Sosial didasarkan pada jumlah halaman situs web institusi dan jumlah backlink serta sebutan dari jejaring sosial, bobot 20 persen.

Berdasarkan dari laman resmi SIR 2024, scimagoir.com/rankings.php?country=IDN, ada 19 Perguruan Tinggi Swasta yang masuk sebagai kampus terbaik di Indonesia. Di dalamnya, terdapat kampus UMS yang merupakan PTS terbaik nomor 1 di Jawa Tengah. Maka dari itu, tidak ada yang perlu diragukan lagi untuk memilih UMS sebagai kampus swasta pilihan untuk melanjutkan pendidikan di Jawa Tengah.

Dari data yang diambil di laman resmi SIR 2024 pada Kamis, (18/4), pada tahun 2024 UMS mengalami peningkatan pada Peringkat Sosial, yaitu naik sebanyak 3.489 urutan dunia. Menandakan pada tahun 2024 ini semakin banyak orang yang mengakses web UMS dan banyak juga yang berinteraksi dengan UMS melalui sosial media.

Hal tersebut lah yang mendongkrak Peringkat Keseluruhan UMS naik sebanyak 1.394 urutan dunia.

Tertarik dengan UMS dan ingin menjadi mahasiswa yang unggul berkemajuan, kampus unggulan Muhammadiyah itu saat ini masih membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan terdapat beberapa skema beasiswa.

UMS menyediakan 5 Skema Beasiswa bagi calon pendaftar mahasiswa baru, yaitu : (1) Beasiswa Kiai Haji Ahmad Dahlan (BKAD) ; (2) Beasiswa Tunas Unggul Muhammadiyah (BTUM) ; (3) Beasiswa Hafidz Al-Qur’an (BHA) ; (4) Beasiswa Unggulan (BU) ; dan (5) Beasiswa Prestasi (BP).

PIC Beasiswa PMB UMS, Khilyatin Ulin Fitri, S.Kom., mengatakan bahwa mulai tahun ini pendaftaran beasiswa PMB tidak menggunakan token sekolah.

“Tahun sebelum-sebelumnya itu kan kita menggunakan token sekolah dulu. Jadi sekolah pendaftar harus membuat akun, kemudian setelah itu akan mendapatkan token, token itulah yang akan digunakan calon mahasiswa untuk mendaftar,” kata Ulin.

Pesyaratan Umum dalam mendaftar jalur beasiswa: (1) Melampirkan Rapor semester 1-5 yang meperoleh Cap Legalisasi sekolah pada setiap semester;
(2) Menyerahkan surat permohonan untuk memperoleh beasiswa menggunakan form yang disediakan UMS (dapat diunduh di akun masing-masing pendaftar);
(3) Calon Mahasiswa hanya dapat mengikuti seleksi pada 1 jenis beasiswa; (4) Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan panitia penerimaan mahasiswa baru.

Informasi pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru UMS jalur beasiswa, bisa melalui laman https://pmb.ums.ac.id/jalur-beasiswa/, silahkan kunjungi laman resmi UMS, www.ums.ac.id, dan PMB UMS, pmb.ums.ac.id, disana juga terdapat informasi beasiswa dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang masih dibuka sampai saat ini. Ayo daftar di UMS dan jadi Mahasiswa Unggul dan Berkemajuan. (Yusuf/Humas)