You are currently viewing Open Lan Opèn, Pandangan Global IKA UMS Untuk UMS

Open Lan Opèn, Pandangan Global IKA UMS Untuk UMS

ums.ac.id, SOLO – Halal Bihalal bersama Ikatan Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta (IKA UMS), Ketua IKA UMS mendapatkan inspirasi baru yaitu paradoksal berfikir global tapi tetap njawani, Open Lan Opèn.

Ketua IKA UMS Dr. Aditya Warman, MBA melihat kolaborasi bagaikan sebuah garis komunikasi yang terdiri dari sekumpulan titik-titik dimensi komunikasi yang menyatu menjadi sebuah garis dalam ikatan satu kebersamaan. Garis ini mendasarkan kepada sebuah fondasi bagaimana sebuah kolaborasi akan tercipta.

Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Abdul Mu’ti pada Halal Bihalal IKA UMS (28/4) menyampaikan ada lima pondasi kolaborasi, yaitu hope, mutual respect, contribution, help to others, result from best process.

“Prof. Abdul Mu’ti memberikan inspirasi singkatnya dengan menambahkan tips bagaimana kolaborasi dalam sebuah ikatan mampu menciptakan open mind & open heart dimaknai dengan bagaimana kita opèn [ngopeni – jawa values], yang bermakna mengasuh, menjaga serta merawat sebagai sikap seorang leader yang harus ditumbuhkan,” ungkap Aditya Warman.

Dia meneruskan, di samping open mind juga harus open heart. Jika Sang Leader diharapkan berwawasan luas dan terbuka juga mampu ngopeni timnya. Menurutnya ini merupakan spirit kolaborasi yang Quantum leap.

Selain mendapatkan inspirasi dari Sekretaris PP Muhammadiyah, Ketua IKA UMS juga menimbang baik nasihat dari Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., yang menyatakan UMS yang yang berkemajuan itu mempunyai purposed dan target sebagai kampus yang Unggul dan mendunia dituntut untuk menentukan titik optimum keunggulan.UMS menargetkan menjadi menjadi kampus berkemajuan dalam kompetisi dunia pendidikan dengan mempersiapkan mahasiswanya agar mampu berdaya saing berderap untuk karir dan capaian atas mimpinya.

“UMS adalah contoh kampus yang bergerak dalam dinamika berkemajuan untuk menciptakan nilai tambah. dan capaian ini bentuk kolaborasi yg kontributif dimana tercipta keteladanan sebagai kampus keislaman dan berwacana keislaman yang unggul dan mendunia,” ujar ketua IKA UMS itu.

Dia berharap, melalui sebuah Tagline IKA UMS 2022-2025 yakni; Reconnect – Share – Together yang dicanangkan dalam kiprahnya untuk berkolaborasi dalam ekosistem alumni yang mencapai 160 ribu dapat mewujudkan cita-cita UMS. (Maysali/Humas)