You are currently viewing Alhamdulillah Tim Megalodon UMS Raih Podium ke-2 Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2023

Alhamdulillah Tim Megalodon UMS Raih Podium ke-2 Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2023

ums.ac.id, PABELANUniversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengirimkan 3 tim Robot mewakili wilayah Jawa Tengah pada Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Nasional yang diselenggarakan Ristekdikti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI). Tiga tim robot yang dikirim yaitu Tim Abu Hero, Tim Megalodon, dan Tim RR El Ganador.

Kontes Robot Indonesia adalah kegiatan kompetisi tahunan mahasiswa dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. KRI tahun 2023 merupakaan penyelenggaraan ke-21 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2003.

BACA JUGA : Lakukan Pengabdian Kemitraan Internasional di Malaysia, Wujud Kontribusi PTM untuk Pendidikan Global

Wakil Rektor III, Ihwan Susila, M.Si., P.hD., mengungkapkan raihan prestasi Tim Robot UMS yang bertanding di Semarang.

“Kita mengirimkan tiga tim dari UMS, dan alhamdulillah dua tim yang masuk ke perempat final yaitu yakni Tim Robot SAR dan Tim Robot Tematik. Kita tentu berharap semoga bosa meraih juara,” ungkapnya, Minggu, (25/6).

BACA JUGA : Pemilu 2024 Semakin Dekat, PDIH UMS Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu dari Periode ke Periode

Tim UMS dengan nama Tim ABU HERO UMS mewakili divisi pertandingan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) tahun 2023. Tim Megalodon UMS mewakili divisi KRSRI (Kontes Robot SAR Indonesia), ini merupakan pengganti Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) yang lebih menekankan pada misi pencarian dan penyelamatan bencana yang umum terjadi khususnya di Indonesia, dan Tim RR EL Ganador UMS mewakili divisi kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI)

Peserta dari perlombaan ini, lanjutnya, berasal dari tiap wilayah se-Indonesia. Alhamdulillah, barakallah Tim Megolodon UMS membawa nama harum UMS dan meraih peringkat 2 dalam ajang bergensi Kontes Robot Indonesia 2023. Kita cukup bangga karena kita merupakan perwakilan dari wilayah untuk mengikuti ajang perlombaan robot tingkat Nasional,” tambah WR III UMS itu. (Fika/Humas)